Detail Cantuman

Image of Millennium Development Goals (MDGS) sebagai dasar strategi kebijakan luar negeri Indonesia dalam kerja sama pembangunan internasional Global Partnership For Effective Development Cooperation (GPEDC)

Skripsi  

Millennium Development Goals (MDGS) sebagai dasar strategi kebijakan luar negeri Indonesia dalam kerja sama pembangunan internasional Global Partnership For Effective Development Cooperation (GPEDC)


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana MDGs sebagai indikator pembangunan nasional dan pengaplikasian MDGs sebagai dasar strategi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210150043327 REY 13/2019Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 REY 13/2019
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 91 hlm., 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana MDGs sebagai indikator pembangunan nasional dan pengaplikasian MDGs sebagai dasar strategi kebijakan luar negeri Indonesia dalam kerja sama internasional pada Global Partnership for Effective Development Cooperation yang difasilitasi oleh knowledge sharing process. Dalam menjelaskan fenomena ini, digunakan teori kerja sama internasional dari Toma & Gorman yang menjelaskan tentang kerja sama multilateral yang bersifat fungsional. Penelitian ini juga didukung oleh konsep pembangunan dari Matthew Fielden dan David Easton tentang pembangunan nasional dan kaitan pembangunan dengan kepentingan nasional Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif, dengan bentuk studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara dengan pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masuknya Indonesia ke GPEDC membantu progres ketercapaian MDGs di Indonesia melalui fasilitas knowledge sharing. Hal ini kemudian menjadikan MDGs sebagai dasar strategi Kebijakan luar negeri indonesia yangkala itu menganut prinsip bebas-aktif memungkinkan pemerintah Indonesia untuk bekerja sama dengan negara-negara berkembang untuk bersama-sama memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam penerapan MDGs. Hal ini memberikan ruang untuk munculnya south-tosouth and triangular cooperation dalam GPEDC.

    Kata kunci : MDGs, GPEDC, Kerja Sama Pembangunan Internasional, Kebijakan Luar Negeri, Knowledge Sharing.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi