Detail Cantuman

Image of Perencanaan pembangunan kawasan pendidikan tinggi di Jatinangor oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang

Skripsi  

Perencanaan pembangunan kawasan pendidikan tinggi di Jatinangor oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang


Skripsi ini menggambarkan tentang Perencanaan Pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. Latar belakang ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 FIR 14/2019
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 116 hlm.: ilus.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini menggambarkan tentang Perencanaan Pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah ketertarikan penulis untuk menggambarkan penyusunan rencana pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor dimana pemerintah menjadikan kawasan ini sebagai pusat pendidikan, sekaligus sebagai pembangkit ekonomi terhadap wilayah di sekitarnya untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami, menganalisis, dan menjelaskan berbagai tahapan dalam perencanaan pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyusunan rencana pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor belum berjalan dengan baik, sehingga usaha pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor ini belum maksimal. Penyebab dari hal tersebut yang pertama adalah karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Sumedang, lalu tidak adanya perencanaan dana investasi untuk pembangunan di masa yang akan datang. Penyebab lain yang penulis dapatkan ialah tidak adanya penilaian kondisi umum daerah terbangun secara berkala, pembagian peran antara pemerintah pusat dan daerah yang belum jelas, sosialisasi mengenai rencana pembangunan yang jarang sekali dilakukan, serta belum dibentuknya tim yang bertugas mengawasi dan mengevaluasi jalannya rencana pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor sehingga pelaksanaan rencana menjadi tidak terkendali.
    Saran penulis mengenai rencana pembangunan Kawasan Pendidikan Tinggi ini yaitu pemerintah Kabupaten Sumedang sebaiknya melakukan kajian terhadap potensi dan daya dukung wilayah secara berkala, melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar peran dari masing-masing pihak menjadi jelas, mengkaji kembali program dan kegiatan yang telah ditetapkan agar target pembangunan dapat tercapai, melakukan sosialisasi mengenai rencana pembangunan secara rutin kepada masyarakat dan stakeholder, serta sebaiknya menyusun tim pengawas juga tim evaluasi sehingga kendala yang terjadi dalam pelaksanaan rencana pembangunan dapat teratasi.

    Kata kunci : Perencanaan Pembangunan, Kawasan Pendidikan Tinggi, Pemerintah Kabupaten Sumedang.




  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi