Detail Cantuman

Image of Pengetahuan meracik jamu pada pedagang jamu gendong : studi etnografi di Pasar Parung, Bogor

Skripsi  

Pengetahuan meracik jamu pada pedagang jamu gendong : studi etnografi di Pasar Parung, Bogor


Pasar Parung merupakan pasar terbesar di daerah Parung yang memiliki pengelola yang berbeda-beda, sehingga Pasar tersebut terbagi menjadi Pasar ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 ARU 24/2019
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi,192 hlm.: ilus.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pasar Parung merupakan pasar terbesar di daerah Parung yang memiliki pengelola yang berbeda-beda, sehingga Pasar tersebut terbagi menjadi Pasar Tohaga, Pasar Lugina, dan Pasar Raya. Pedagang jamu gendong di Pasar Parung merupakan perantau dari daerah Jawa, seperti Solo dan Wonogiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pedagang jamu gendong di Pasar Parung berasal dari tiga sumber, yaitu parental, peer, dan individual learning. Sumber-sumber tersebut memberikan banyak kontribusi untuk menambah pengetahuan pedagang jamu gendong. Pengetahuan yang diberikan dapat berbentuk pengetahuan tacit maupun explicit. Penelitian ini juga menggambarkan pengetahuan pedagang jamu gendong yang dinarasikan berdasarkan sist em pengetahuan Koentjaraningrat, dimana sistem pengetahuan pedagang jamu gendong meliputi pengetahuan tentang flora, pengetahuan tentang zat-zat; bahan mentah; dan benda-benda di sekitar, pengetahuan tentang ruang dan waktu, serta pengetahuan mengenai tubuh manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Kesimpulannya, untuk dapat memiliki pengetahuan yang kompleks, pedagang jamu gendong mengalami wakut belajar yang cukup lama. Pengetahuan tersebut ditaransferkan oleh sumber-sumber transfer pengetahuan yang saling melengkapi dan menambahi pengetahuan pedagang jamu gendong sampai saat ini. Lalu, pengetahuan tacit dan explisit juga berperan untuk melihat bagaimana transfer pengetahuan tersebut dilakukan.

    Kata kunci : Pasar Parung, Pedagang Jamu Gendong, Transfer Pengetahuan, Parental Learning, Peer Learning, Individual Learning, Pengetahuan Tacit, Pengetahuan Explicit, Sistem Pengetahuan.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi