Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Strategi ekspor Kopi Indonesia ke Amerika Serikat 2012-2015


Amerika Serikat merupakan salah satu mitra dagang kopi yang paling strategis bagi Indonesia. Keduanya dapat dikatakan memiliki ketergantungan satu ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 DHA 88/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 91 hlm.: ilus.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Amerika Serikat merupakan salah satu mitra dagang kopi yang paling strategis bagi Indonesia. Keduanya dapat dikatakan memiliki ketergantungan satu sama lain. Indonesia membutuhkan pasar untuk menjual produk kopinya, sedangkan Amerika Serikat membutuhkan pasokan kopi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kopi dalam negeri, terutama untuk menunjang kegiatan industri kopinya. Penelitian ini akan menggambarkan bagaimana dinamika yang terjadi terkait ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada tahun 2012-2015. Peluang ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat nyatanya memang menjanjikan, namun hambatan yang ada menyebabkan potensi ekspor tersebut menjadi tidak maksimal. Secara umum ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat pada periode 2012-2015 mengalami penurunan jumlah volume ekspornya. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kualitatif untuk mengumpulkan data-data primer maupun sekunder, baik dengan wawancara, studi lapangan, dan studi literatur. Ada pun data primer banyak terhimpun dari berbagai sumber seperti dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Pusat Promosi Perdagangan Indonesia di Amerika Serikat. Sedangkan untuk wawancara dilaksanakan dengan Sekretaris Eksekutif lembaga Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI). Penerapan strategi ekspor melalui promosi serta diversifikasi menjadi upaya pemerintah untuk mendorong dan meningkatkan kembali volume ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi tersebut mampu meningkatkan kembali jumlah ekspor kopi Indonesia ke Amerika Serikat di tahun 2015, meskipun jumlah total ekspornya belum mampu menyamai jumlah ekspor pada tahun 2012 dan 2013.
    Kata kunci : Amerika Serikat, Kopi, Perdagangan Internasional, Strategi Ekspor.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi