Detail Cantuman

Image of Identifikasi Usia Manusia pawon 5600 S.D 9500 BP berdasarkan Pola Atrisi Gigi Metode Lovejoy dengan Menggunakan CBCT-3D

Skripsi  

Identifikasi Usia Manusia pawon 5600 S.D 9500 BP berdasarkan Pola Atrisi Gigi Metode Lovejoy dengan Menggunakan CBCT-3D


Manusia Pawon adalah manusia prasejarah yang hidup di Gua Pawon berdasrkan hasil pertanggalan karbon (carbon dating) memiliki rentang usia antara ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-210210 615 Han IJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    615 Han I
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    x, 51hlm; 21x30cm; Hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120077
    Klasifikasi
    Radiologi
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Manusia Pawon adalah manusia prasejarah yang hidup di Gua Pawon berdasrkan hasil pertanggalan karbon (carbon dating) memiliki rentang usia antara 9500 s.d. 5600 BP . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi usia manusia pawon melalui pola atrisi gigi manusia pawon pada masa budaya 9500 s.d. 5600 BP berdasarkan Metode Lovejoy (populasi Libben) yang dikonversikan dengan Manusia Modern (Deutromelayu).
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptifdengan sampel 4 rangka Manusia Pawon yang terdiri dari 3 maksila dan 3 mandibula serta 66 sampel Manusia Modern (Deutromelayu) melalui pencitraan radiograf Cone Beam Computed Tomography-3D (CBCT-3D). Penelitian ini dilakukan pada program Ez Implant-3D dengan mengamati pola atrisi dari setiap gigi manusia pawon dengan manusia modern sesuai dengan fase-fasenya yang telah dikonversikan melalui Metode Lovejoy sehingga muncul estimasi usia manusia.
    Hasil penelitian ini menunjukan estimasi usia manusia pawon berkisar pada usia 46 s.d. 56 tahun berdasarkan pola atrisi yang terdapat pada gigi-gigi manusia pawon dengan adanya perbedaan cara mengkonsumsi makanan pada tiap masa budaya yang berbeda.
    Identifikasi usia manusia pawon berdasarkan pola atrisi gigi Metode Lovejoy pada masa budaya5600 s.d. 9500 BPlebih tua dengan usia hidup Manusia Pawon.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi