Detail Cantuman

Image of Gambaran Ukuran Sinus Maksilaris berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia pada Radiograf Panoramik

Skripsi  

Gambaran Ukuran Sinus Maksilaris berdasarkan Jenis Kelamin dan Usia pada Radiograf Panoramik


Sinus maksilaris adalah sinus paranasal pertama yang berkembang dan ukuran sinus akan semakin membesar sesuai pertumbuhan usia. Sinus maksilaris ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-212212 615 Cah GJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    615 Cah G
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 67hlm; Ilus; 21x30cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120026
    Klasifikasi
    Radiologi
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sinus maksilaris adalah sinus paranasal pertama yang berkembang dan ukuran sinus akan semakin membesar sesuai pertumbuhan usia. Sinus maksilaris dapat diukur dengan radiograf panoramik dan tampak sebagai daerah radiolusen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ukuran sinus maksilaris berdasarkan jenis kelamin dan usia menggunakan radiograf panoramik.
    Metode penelitian bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada populasi yang memenuhi kriteria inklusi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik stratified random sampling, yang dibagi menjadi 5 kelompok usia, laki-laki dan perempuan, berjumlah 210 buah arsip radiograf panoramik.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertambahan rata-rata ukuran sinus maksilaris adalah 10.92 mm untuk laki-laki dan 9.31 mm untuk perempuan per kelompok usia. Sinus maksilaris laki-laki lebih besar dibanding perempuan sebesar 4 % untuk sinus maksilaris kanan dan 3.2 % untuk sinus maksilaris kiri. Sinus maksilaris kanan rata-rata lebih besar 1.53 % dibanding sinus maksilaris kiri pada laki-laki, sedangkan pada perempuan 0.7 %.
    Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara deskriptif rata-rata ukuran sinus maksilaris ada kecenderungan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya usia seseorang, sinus maksilaris laki-laki ada kecenderungan lebih besar dibanding perempuan dan sinus maksilaris kanan ada kecenderungan lebih besar dibanding sinus maksilaris kiri.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi