Detail Cantuman

Image of Estimasi Usia Manusia Pawon dengan Metode Kvaal Menggunakan Data Cone-Beam Computed Tomography 3D

Skripsi  

Estimasi Usia Manusia Pawon dengan Metode Kvaal Menggunakan Data Cone-Beam Computed Tomography 3D


Usia adalah salah satu komponen identitas yang penting untuk identifikasi manusia. Manusia Pawon adalah beberapa rangka manusia zaman mesolitik yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    PED1-418418 617.64 Har EJatinangor (pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Har E
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xi, 49hlm; ilus; 20,1x30cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120104
    Klasifikasi
    pedodontologi, Forensik, radiologi
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Usia adalah salah satu komponen identitas yang penting untuk identifikasi manusia. Manusia Pawon adalah beberapa rangka manusia zaman mesolitik yang ditemukan di Gua Pawon, Padalarang, Jawa Barat. Estimasi usia dari Manusia Pawon dapat menunjukkan berapa usia manusia zaman tersebut meninggal dunia yang dapat menjadi indikator kondisi masyarakat zaman tersebut. Metode Kvaal digunakan karena bersifat non-invasif terhadap rangka dan belum pernah diaplikasikan sebelumnya pada Manusia Pawon. Tujuan penelitiaan adalah untuk mendapatkan data estimasi usia Manusia Pawon dari CBCT 3D dengan menggunakan Metode Kvaal.
    Metode penelitian adalah deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel arsip radiograf CBCT 3D Manusia Pawon pada Rangka I, Rangka III, Rangka IV, dan Rangka V dari populasi seluruh arsip radiograf CBCT 3D Manusia Pawon yang ada lalu diestimasi usianya dengan metode Kvaal.
    Hasil penelitian menghasilkan estimasi usia Rangka III sekitar 29,52 tahun, estimasi usia Rangka IV sekitar 36,06 tahun, dan estimasi usia Rangka V sekitar 32,66 tahun. Rangka I gagal didapatkan hasil yang akurat karena kondisi spesimen gigi yang kurang optimal.
    Simpulan penelitian adalah penelitian estimasi usia manusia pawon dengan metode Kvaal menggunakan data cone-beam computed tomography 3D dapat mengestimasikan usia pada Rangka III, IV, dan V Manusia Pawon.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi