Detail Cantuman

Image of Gambaran Diagnosis Gangguan Sendi Temporomandibula pada Pemain Biola di Alliance Violin Community Bandung

Skripsi  

Gambaran Diagnosis Gangguan Sendi Temporomandibula pada Pemain Biola di Alliance Violin Community Bandung


Teknik bermain biola menuntut sang pemain untuk menahan biola pada pundak kiri sambil menekan rahang bawah sehingga pemain biola menerima kontak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    PRO1-122122 617.69 Luk GJatinangor (prostodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.69 Luk G
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xv, 137hlm; Ilus; 20,1x30cm; Hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120032
    Klasifikasi
    prostodontologi
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Teknik bermain biola menuntut sang pemain untuk menahan biola pada pundak kiri sambil menekan rahang bawah sehingga pemain biola menerima kontak fisik dan gaya mekanis dari biola secara terus-menerus pada area kraniofasial dan leher. Tekanan mekanis yang terjadi secara berkelanjutan mengakibatkan berbagai gangguan pada daerah tersebut, salah satunya adalah gangguan sendi temporomandibula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran diagnosis gangguan sendi temporomandibula pada pemain biola di Alliance Violin Community Bandung.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 34 orang pemain biola di Alliance Violin Community Bandung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Prosedur penentuan diagnosis gangguan sendi temporomandibula mengacu pada Diagnostic Criteria for Temporomandibular Disorders (DC/TMD).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 30 (16 perempuan dan 14 laki-laki) orang dengan rentang usia 15-30 tahun pemain biola di Alliance Violin Community Bandung yang mengalami gangguan sendi temporomandibula (88,24%). Gambaran diagnosis gangguan sendi temporomandibula pada pemain biola di Alliance Violin Community Bandung sebagian besar adalah pergeseran diskus dengan reduksi dengan jumlah 23 kasus (67,65%), artralgia dengan jumlah 5 kasus (14,71%) dan mialgia dengan jumlah 4 kasus (11,77%).
    Simpulan dari penelitian ini adalah gangguan sendi temporomandibula banyak ditemukan pada pemain biola di Alliance Violin Community Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi