Detail Cantuman

Image of Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bukan Penerima Bantuan Iuran di Pelayanan Primer Poli Gigi Puskesmas Puter dan Puskesmas Banjaran Nambo

Skripsi  

Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Bukan Penerima Bantuan Iuran di Pelayanan Primer Poli Gigi Puskesmas Puter dan Puskesmas Banjaran Nambo


Pelayanan kesehatan merupakan bentuk pelayanan yang sangat erat kaitannya dengan masyarakat dan berkaitan dengan kepuasan yang dirasakan oleh pasien. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-514514 614 Put KJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Put K
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 122hlm; 20,1x30cm; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120119
    Klasifikasi
    IKM
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pelayanan kesehatan merupakan bentuk pelayanan yang sangat erat kaitannya dengan masyarakat dan berkaitan dengan kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Pemerintah memiliki program pelayanan jaminan kesehatan dalam bentuk jaminan kesehatan nasional. Puskesmas sebagai pelayanan kesehatan primer dalam menjalankan jaminan kesehatan nasional harus memperhatikan mutu pelayanan, karena indikator dari suatu pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan nasional bukan penerima bantuan iuran di pelayanan primer poli gigi puskesmas Puter dan puskesmas Banjaran Nambo.
    Metode penelitian adalah deskriptif dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 300 orang. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner pada pasien jaminan kesehatan nasional bukan penerima bantuan iuran yang datang ke poli gigi dan sudah mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.
    Hasil penelitian secara deskriptif menunjukan bahwa kepuasan pasien dalam nilai interval konversi IKM di puskesmas Puter adalah 73,85 dan di puskesmas Banjaran Nambo adalah 73,24.
    Simpulan hasil penelitian adalah mengenai kepuasan pasien peserta jaminan kesehatan nasional bukan penerima bantuan iuran di pelayanan primer poli gigi puskesmas Puter dan Puskesmas Banjaran Nambo menunjukkan mutu pelayanan kategori B atau kinerja unit pelayanan puskesmas tersebut baik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi