Detail Cantuman

Image of Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut pada Masyarakat di Wilayah dengan Kadar Radon 24,829 Bq/m3 (Gunung Masigit) dan 16,624 Bq/m3 (Desa Cipatat)

Skripsi  

Perilaku Kesehatan Gigi dan Mulut pada Masyarakat di Wilayah dengan Kadar Radon 24,829 Bq/m3 (Gunung Masigit) dan 16,624 Bq/m3 (Desa Cipatat)


Mengacu pada teori Hendrik L.Blum (Health Determinant Factor), lingkungan dan perilaku merupakan faktor utama yang mempengaruhi status kesehatan pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-523523 614 Dju PJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Dju P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120064
    Klasifikasi
    IKM
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Mengacu pada teori Hendrik L.Blum (Health Determinant Factor), lingkungan dan perilaku merupakan faktor utama yang mempengaruhi status kesehatan pada manusia. Masyarakat yang tinggal di wilayah yang terpapar radon perlu lebih memperhatikan perilaku kesehatan gigi dan mulut karena efek radiasi radon dapat mengakibatkan seseorang rentan tehadap penyakit gigi dan mulut.
    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perilaku kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di wilayah dengan kadar radon 24,8±29 Bq/m3 (Gunung Masigit) dan 16,6±24 Bq/m3 (Desa Cipatat).
    Jenis penelitian adalah observasional cross sectional dan dilakukan dengan kuesioner WHO Oral Health Self-Assesment 2013 terhadap 100 orang responden.
    Hasil penelitian adalah masyarakat Desa Gunung Masigit dan Desa Cipatat yang menilai kondisi gigi dan gusinya baik adalah 73% dan 72%, responden yang
    mempunyai frekuensi menyikat gigi dan kebiasaan makan baik adalah 81,83% dan 86,16%. Masyarakat yang melakukan kunjungan 6 bulan sekali kedokter gigi adalah 0% dan 18 %.
    Simpulan penelitian adalah perilaku kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat di wilayah dengan kadar radon 24,8±29 Bq/m3 Desa Gunung Masigit dan 16,6±24 Bq/m3 Desa Cipatat berdasarkan penilaian responden tentang kondisi gigi dan mulut adalah baik tetapi pada kenyataannya adalah buruk dan cukup berdampak pada fungsi pengunyahan, berbicara, aspek psikologis dan sosial, berdasarkan perilaku pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut adalah baik, sedangkan berdasarkan perilaku pencarian pengobatan adalah buruk.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi