Detail Cantuman

Image of Dampak Keluhan Karies Gigi pada Kualitas Hidup Anak Usia 5-7 Tahun

Skripsi  

Dampak Keluhan Karies Gigi pada Kualitas Hidup Anak Usia 5-7 Tahun


Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada anak-anak adalah karies gigi. Menurut Sudha (2005) prevalensi karies gigi tertinggi pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-527527 614 Jel DJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Jel D
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120028
    Klasifikasi
    IKM
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi pada anak-anak adalah karies gigi. Menurut Sudha (2005) prevalensi karies gigi tertinggi pada anak terdapat pada kelompok usia 5-7 tahun, yaitu sebesar 94,7%. Karies gigi yang parah dapat mempengaruhi kualitas hidup anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai dampak keluhan karies gigi pada kualitas hidup anak usia 5-7 tahun.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jumlah responden 94 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pengisian data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Child-OIDP.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 6 responden yang melaporkan dampak sangat parah pada keluhan karies gigi dalam kehidupan sehari-hari, 10 dampak parah, 25 dampak sedang, 53 dampak kecil dan 145 dampak sangat kecil.
    Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa aktivitas sehari-hari anak yang memiliki frekuensi intensitas dampak paling tinggi pada kualitas hidup adalah merasa sakit atau tidak nyaman (feel ill or discomfort) sebesar 55,1% yang disebabkan oleh sakit gigi (toothache) (72,4%).
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi