Detail Cantuman

Image of Perbedaan tingkat kebersihan mulut masyarakat perokok dan bukan perokok usia 25-35 tahun di kelurahan sekeloa

Skripsi  

Perbedaan tingkat kebersihan mulut masyarakat perokok dan bukan perokok usia 25-35 tahun di kelurahan sekeloa


Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kebersihan mulut. Indeks plak dan indeks kalkulus dapat digunakan untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-532532 614 Sep PJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Sep P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120073
    Klasifikasi
    IKM
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kebersihan mulut. Indeks plak dan indeks kalkulus dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kebersihan mulut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebersihan mulut pada masyarakat perokok dan bukan perokok usia 25-35 tahun di Kelurahan Sekeloa.
    Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 56 orang yang keseluruhannya berjenis kelamin laki-laki, dengan 37 orang perokok dan 19 orang bukan perokok. Data diperoleh melalui pemeriksaan klinis, menggunakan indeks untuk mengukur kebersihan mulut yaitu indeks OHI-S.
    Hasil penelitian menunjukan nilai kesamaan (p), perbedaan tingkat kebersihan mulut pada masyarakat perokok dan bukan perokok usia 25-35 tahun di Kelurahan Sekeloa yaitu 0.132, maka p > ∝(0.05). Mayoritas nilai kebersihan mulut pada perokok dan bukan perokok yang dilihat dari indeks OHI-S berada dalam kategori sedang.
    Simpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan tingkat kebersihan mulut, pada masyarakat perokok dan bukan perokok usia 25-35 tahun di Kelurahan Sekeloa.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi