Detail Cantuman

Image of Gambaran Psikososial pada Anak yang Mengalami Dental Fear

Skripsi  

Gambaran Psikososial pada Anak yang Mengalami Dental Fear


Dental fear adalah rasa takut terhadap perawatan gigi yang dapat disebabkan karena ketakutan terhadap dokter, perawat, kebisingan, getaran bor gigi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-434434 617.64 Haf GJatinangor (pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Haf G
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120070
    Klasifikasi
    Pedodonsia
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dental fear adalah rasa takut terhadap perawatan gigi yang dapat disebabkan karena ketakutan terhadap dokter, perawat, kebisingan, getaran bor gigi dan lain-lain. Ketakutan mempengaruhi tingkah laku anak sehingga anak dapat mengalami dampak psikososial dan lebih jauh lagi menentukan keberhasilan perawatan gigi. Psikososial adalah ilmu tentang perilaku, sedangkan sosial berarti interkasi antarindividu atau antarkelompok dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psikososial pada anak yang mengalami dental fear di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Bandung.
    Penelitian ini adalah penelitian berjenis deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode puposive sampling berdasarkan kriteria populasi yang telah ditentukan. Sampel penelitian terdiri dari 60 orang tua atau wali yang anaknya melakukan perawatan gigi di RSKGM Bandung.
    Hasil peneilitian menunjukkan bahwa 75% anak mengalami dental fear dan 25% tidak termasuk dalam skala klinis dental fear. Setiap anak yang mengalami dental fear minimal mengalami satu atau lebih dampak psikososial, tetapi hasilnya tidak signifikan. Sebanyak 58% anak mengalami masalah psikologis, 50% anak mengalami masalah pada hubungan interpersonal dan 47% mengalami masalah terhadap penghindaran atau penghambatan sosial.
    Simpulan dari penelitian ini adalah anak yang mengalami dental fear menglami minimal satu atau lebih dampak psikososial.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi