Detail Cantuman

Image of Penilaian Ibu Mengenai Gambaran Pola Dental Fear Anak Berdasarkan Kategori Temperamen di Kelurahan Sekeloa Bandung

Skripsi  

Penilaian Ibu Mengenai Gambaran Pola Dental Fear Anak Berdasarkan Kategori Temperamen di Kelurahan Sekeloa Bandung


Dental fear merupakan rasa takut terhadap perawatan gigi, yang mulai berkembang saat anak masih kecil dan dapat membentuk sikap anak saat dewasa. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-437437 617.64 Nab PJatinangor (pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Nab P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120074
    Klasifikasi
    Pedodonsia
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dental fear merupakan rasa takut terhadap perawatan gigi, yang mulai berkembang saat anak masih kecil dan dapat membentuk sikap anak saat dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian ibu mengenai gambaran pola dental fear anak berdasarkan kategori temperamen di Kelurahan Sekeloa Bandung.
    Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel diambil secara tidak acak menggunakan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner CFSS-DS dan EAS versi Bahasa Indonesia pada 55 ibu yang memiliki anak usia 3-6 tahun yang bersekolah di TK Salman Al-Farisi dan TK Prof. Dr. Moestopo di Kelurahan Sekeloa Bandung.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 74,55% anak tidak memiliki dental fear. Sedangkan, 10,9% lainnya borderline dan 14,55% memiliki dental fear. Anak-anak dengan dental fear memiliki kategori temperamen rasa malu yang lebih tinggi dibandingkan dengan kategori temperamen lainnya yaitu cenderung memiliki temperamen aktivitas tinggi, temperamen emosionalitas sedang, dan memiliki tingkat pergaulan sedang.
    Simpulan penelitian adalah bahwa bedasarkan penilaian ibu, anak usia 3-6 tahun di TK Salman Al-Farisi dan TK Prof. Dr. Moestopo di Kelurahan Sekeloa cenderung tidak memiliki dental fear, dan anak-anak dengan dental fear memiliki presentase yang paling besar untuk temperamen rasa malu.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi