Detail Cantuman

Image of Gambaran Pencabutan Gigi Sulung Dini di Instalasi Kedokteran Gigi Anak RSGM FKG Unpad Tahun 2015

Skripsi  

Gambaran Pencabutan Gigi Sulung Dini di Instalasi Kedokteran Gigi Anak RSGM FKG Unpad Tahun 2015


Pencabutan gigi sulung dini merupakan tindakan pencabutan gigi yang menyebabkan kehilangan dini (premature loss) gigi sulung sehingga mengakibatkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-438438 617.64 Yua GJatinangor (pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Yua G
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120009
    Klasifikasi
    Pedodonsia
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pencabutan gigi sulung dini merupakan tindakan pencabutan gigi yang menyebabkan kehilangan dini (premature loss) gigi sulung sehingga mengakibatkan masalah pengunyahan, bicara, maloklusi dan gangguan waktu erupsi gigi permanen.
    Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data gambaran pencabutan gigi sulung dini di Instalasi Kedokteran Gigi Anak RSGM FKG Unpad tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif retrospektif. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh melalui penelusuran dokumen yaitu rekam medis di Instalasi Kedokteran Gigi Anak RSGM FKG Unpad tahun 2015 sebanyak 831.
    Hasil penelitian menunjukkan 4,09% anak mengalami pencabutan gigi sulung dini, 67,65% adalah anak perempuan, 34,61% berusia 7 tahun 1 bulan sampai 8 tahun, 42,31% pencabutan dini gigi molar pertama, 61,54% pada rahang bawah dan diagnosis terbanyak kasus pencabutan gigi sulung dini adalah gangren radiks (53,85%).
    Simpulan penelitian adalah persentase pencabutan gigi sulung dini di Instalasi Kedokteran Gigi Anak RSGM FKG Unpad tahun 2015 adalah gigi molar pertama dengan diagnosis terbanyak gangren radiks diikuti nekrosis pulpa dan pulpitis ireversibel.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi