Detail Cantuman

Image of Deskripsi Mandibula Manusia Pawon Menggunakan Data Fotografi

Skripsi  

Deskripsi Mandibula Manusia Pawon Menggunakan Data Fotografi


Manusia Pawon adalah manusia prasejarah Indonesia yang diduga berasal dari ras Mongoloid. Manusia Pawon ditemukan di desa Gunung Masigit, Kecamatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    For1-7676 614.1 Yaz DJatinangor (forensik)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614.1 Yaz D
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120081
    Klasifikasi
    Forensik
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Manusia Pawon adalah manusia prasejarah Indonesia yang diduga berasal dari ras Mongoloid. Manusia Pawon ditemukan di desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat yang hidup sekitar 5.600 sampai 9.500 tahun yang lalu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui posisi foramen mental, jarak foramen mental dengan simfisis mandibula pada sisi kanan dan kiri, panjang mandibula, tinggi simfisis mandibula, dan besar angulus mandibula Manusia Pawon dengan menggunakan data fotografi.
    Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskritif dengan data sekunder yang diperoleh dari hasil fotografi 3 mandibula (R.I, R.IV, dan R.V) dari rangka Manusia Pawon. Pengukuran jarak antara foramen mental dengan simfisis mandibula pada sisi kanan dan kiri, panjang mandibula, tinggi simfisis mandibula, dan besar sudut mandibula dilakukan dengan program imageJ.
    Hasil dari penelitian ini, deskripsi mandibula Manusia Pawon menggunakan data fotografi adalah posisi foramen mental mandibula pada R.I kiri berada di bawah gigi premolar kedua, pada R.IV kanan dan kiri berada di bawah antara gigi premolar kedua dan molar pertama. Jarak antara foramen mental dengan simfisis mandibula pada R.I kiri yaitu 38,71 mm, pada R.IV kanan 32,83 mm dan kiri 30,87 mm. Panjang mandibula pada R.I yaitu 108,05 mm, R.IV 86,11 mm, dan R.V 101,41 mm. Tinggi simfisis pada R.I yaitu 31,39 mm, R.IV 24,05 mm, dan R.V 39,11 mm. Besar angulus mandibula pada R.I yaitu 106,14 dan R.IV 97,80.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi