Detail Cantuman

Image of Pemeriksaan Pati pada Kalkulus Gigi Manusia Pawon

Skripsi  

Pemeriksaan Pati pada Kalkulus Gigi Manusia Pawon


Kalkulus merupakan plak yang termineralisasi pada gigi dan dapat menyimpan informasi mengenai jenis konsumsi seseorang. Pembentukan kalkulus ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    For1-7777 614.1 Kha PJatinangor (forensik)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614.1 Kha P
    Penerbit FKG Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110120063
    Klasifikasi
    Forensik
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kalkulus merupakan plak yang termineralisasi pada gigi dan dapat menyimpan informasi mengenai jenis konsumsi seseorang. Pembentukan kalkulus dipengaruhi oleh pati pada makanan yang mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi manusia. Manusia Pawon yang ditemukan di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat merupakan rangka manusia prasejarah pertama yang ditemukan di Bandung. Konsumsi Manusia Pawon didominasi oleh makanan yang mengandung protein dibandingkan makanan yang mengandung zat pati. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keberadaan zat pati pada kalkulus di gigi Manusia Pawon.
    Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan sampel kalkulus dari empat rangka Manusia Pawon. Kalkulus akan melalui proses ekstraksi dan sentrifugasi, kemudian dibuat preparat dan diamati dengan mikroskop.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pati ditemukan pada R.I gigi 47 dan R.III gigi 47 yaitu gigi molar kedua kanan rahang bawah, di preparat kedua. Pati yang ditemukan pada R.I gigi 47 berbentuk bulat dan cenderung memiliki sudut dengan bentuk hilum eksentrik, sedangkan pati pada R.III gigi 47 berbentuk bulat dengan hilum memusat di tengah.
    Simpulan dari penelitian ini adalah pati ditemukan di dua preparat dari enam belas preparat yaitu pada R.I gigi 47 dan R.III gigi 47. Pati yang ditemukan sangat sedikit sehingga terdapat kemungkinan bahwa kalkulus yang terbentuk pada gigi Manusia Pawon lebih dipengaruhi oleh makanan yang kaya protein.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi