Detail Cantuman

Image of SINTESIS BAHAN CETAK ALGINAT SERTA PERBEDAAN SETTING TIME DAN FLOW ALGINAT HASIL SWASINTESIS DENGAN ALGINAT DI PASARAN

Skripsi  

SINTESIS BAHAN CETAK ALGINAT SERTA PERBEDAAN SETTING TIME DAN FLOW ALGINAT HASIL SWASINTESIS DENGAN ALGINAT DI PASARAN


Alginat merupakan bahan cetak hidrokoloid elastis yang sering dipakai dalam kedokteran gigi untuk mendapatkan teraan negatif guna menghasilkan model ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-108108 620.1 Hal SJatinangor (Itmkg)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.1 Hal S
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 50 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130099
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Alginat merupakan bahan cetak hidrokoloid elastis yang sering dipakai dalam kedokteran gigi untuk mendapatkan teraan negatif guna menghasilkan model hubungan gigi dan jaringan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk menyintesis bahan cetak alginat serta membandingkan setting time dan flow dengan alginat di pasaran.
    Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimental quasi. Penelitian ini dilakukan pada lima kelompok yang terdiri dari lima puluh buah sampel alginat swasintesis dan alginat di pasaran. Lima puluh buah sampel dibagi menurut dua jenis uji, masing-masing dua puluh lima buah sampel untuk uji setting time dan untuk uji flow. Uji setting time dilakukan dengan batang akrilik dan hasil pengamatan dicatat dalam satuan detik. Uji flow dilakukan menggunakan beban satu kilogram lalu luas permukaan sampel dihitung dalam satuan mm2.
    Hasil uji setting time tercepat adalah kelompok III (148,8 detik) dan setting time terlama adalah kelompok IV (262,2 detik). Hasil uji flow terbesar adalah kelompok III (69,70 mm2) dan flow terkecil adalah kelompok I (58,34 mm2). Hasil pengujian dianalisis secara statistik dengan metode One Way ANOVA (α=0,05), menunjukkan bahwa terdapat perbedaan setting time yang signifikan namun tidak terdapat perbedaan flow yang signifikan antara alginat swasintesis dan alginat di pasaran.
    Kesimpulan penelitian ini adalah bahan cetak alginat dapat disintesis serta variasi komposisi alginat memberikan pengaruh pada setting time dan flow. Setting time yang mendekati kelompok I sebagai kontrol adalah kelompok III. Flow yang mendekati kelompok I adalah kelompok IV.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi