Detail Cantuman

Image of Insidensi Pola Bentuk Rugae Palatina pada Pasien dengan Celah Langit-langit

Skripsi  

Insidensi Pola Bentuk Rugae Palatina pada Pasien dengan Celah Langit-langit


Rugae palatina merupakan tonjolan asimetris dan tidak beraturan yang terdapat di satu pertiga anterior mukosa langit-langit, memiliki sifat yang unik ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Pa1-159159 611 Arm IJatinangor (Oral Biologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    611 Arm I
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 76 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130129
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Rugae palatina merupakan tonjolan asimetris dan tidak beraturan yang terdapat di satu pertiga anterior mukosa langit-langit, memiliki sifat yang unik dan berbeda pada setiap orang sehingga dapat dijadikan sarana identifikasi individu di Bidang Forensik Kedokteran Gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pola bentuk rugae palatina dan insidensinya pada pasien dengan celah langit-langit.
    Jenis Penelitian ini adalah deskripsi sederhana dengan metode non-probability accidental sampling. Populasi penelitian ini adalah pasien dengan celah langit-langit di Cleft Center RSGM FKG Unpad/Yayasan Pembina Penderita Celah Langit-langit. Pola rugae palatina ditentukan berdasarkan klasifikasi Martin dos Santos dan Klasifikasi Carrea. Bentuk dan arah rugae yang paling banyak muncul kemudian dicari insidensinya.
    Hasil penelitian menunjukan kedua segmen pada pasien celah langit-langit unilateral dan celah langit-langit bilateral lengkap memiliki 3 sampai 5 rugae palatina. Sebanyak 5 dari 6 orang (83,3%) pasien celah langit-langit bilateral lengkap memiliki pola rugae palatina berbentuk curve dengan arah antero-posterior pada kedua segmennya. Dan 12 dari 13 orang (92%) pasien celah langit-langit unilateral lengkap memiliki pola rugae palatina berbentuk sinuous dengan arah antero-posterior pada salah satu atau kedua segmennya.
    Simpulan dari hasil penelitian ini adalah pasien dengan celah langit-langit unilateral lengkap dan celah langit-langit bilateral lengkap memiliki pola rugae palatina yang bervariasi dengan kecenderungan mengarah antero-posterior.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi