Detail Cantuman

Image of Gambaran Gejala Nyeri Sendi Temporomandibula Pasca Odontektomi

Skripsi  

Gambaran Gejala Nyeri Sendi Temporomandibula Pasca Odontektomi


Sendi temporomandibula adalah salah satu persendian di dalam tubuh manusia dengan struktur yang cukup kompleks. Kelainan pada sendi temporomandibula ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ibm1-271271 617.605 Ang GJatinangor (Ibm)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.605 Ang G
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 71 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130042
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sendi temporomandibula adalah salah satu persendian di dalam tubuh manusia dengan struktur yang cukup kompleks. Kelainan pada sendi temporomandibula akan menimbulkan gejala nyeri, bunyi sendi berupa kliking dan krepitasi, serta keterbatasan pembukaan rahang. Nyeri pada kelainan sendi temporomandibula dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah tindakan odontektomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pasien yang mengalami komplikasi berupa gejala nyeri sendi temporomandibula pasca tindakan odontektomi di Instalasi Bedah Mulut Minor RSGM Unpad.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik cross-sectional. Data yang dikumpulkan berupa data primer dimana sebanyak 104 (48 laki-laki; 56 perempuan) pasien yang menjalani prosedur odontektomi di Instalasi Bedah Mulut Minor dan memenuhi kriteria inklusi penelitian menjadi sampel dari penelitian ini. Selain pencatatan data demografis sampel, dilakukan pula pencatatan klasifikasi impaksi serta lamanya waktu tindakan. Satu minggu pasca tindakan odontektomi, dilakukan evaluasi rasa nyeri dengan melakukan pemeriksaan pada sendi temporomandibula secara palpasi. Apabila pasien mengeluhkan akan rasa nyeri, maka sampel diminta untuk mengkuantifikasi nyeri dengan menggunakan Numeric Rating Scale (NRS).
    Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa sebanyak 32.69% mengeluhkan adanya rasa nyeri pada sendi temporomandibula. Skor NRS terbesar untuk kuantifikasi rasa nyeri yang dirasakan pasien adalah 4 (empat), dimana terdapat 8,65% sampel merasakan nyeri tersebut. Posisi penyebab timbulnya nyeri yang paling banyak dikeluhkan oleh pasien adalah ketika pasien membuka mulut dengan maksimal.
    Simpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa jumlah pasien yang mengeluhkan rasa nyeri pada sendi temporomandibula pasca tindakan odontektomi berada pada kategori sedang.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi