Detail Cantuman

Image of Hubungan Usia Kronologis dengan Ukuran Densitas Tulang pada Radiograf Panoramik Pasien Perempuan Usia 5-35 Tahun

Skripsi  

Hubungan Usia Kronologis dengan Ukuran Densitas Tulang pada Radiograf Panoramik Pasien Perempuan Usia 5-35 Tahun


Tingkat perkembangan dan maturasi seorang pasien tidak dapat diketahui secara pasti dari usia kronologis, dikarenakan adanya variasi waktu percepatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-238238 616.0757 Rah HJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Rah H
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 74 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130067
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tingkat perkembangan dan maturasi seorang pasien tidak dapat diketahui secara pasti dari usia kronologis, dikarenakan adanya variasi waktu percepatan pertumbuhan pubertas pada setiap individu, maka perlu ditentukan usia biologisnya. Usia biologis ini dapat ditentukan dari usia tulang berupa kualitas tulang yang dapat dilihat dari ukuran densitas tulang. Radiograf panoramik dapat menilai kualitas kepadatan (densitas) tulang secara makrostruktur dan mikrostruktur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan usia kronologis dengan ukuran densitas tulang pada radiograf panoramik pasien perempuan khususnya pada populasi Indonesia.
    Jenis penelitian ini adalah analitik korelasional dengan rancangan studi cross sectional berdasarkan pilihan waktu. Populasi penelitian menggunakan data primer dari seluruh radiograf panoramik digital pasien perempuan usia 5-35 tahun pada bulan Desember 2016 - Januari 2017 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Padjadjaran dengan jumlah sampel 64 orang. Analisa densitas tulang trabekula mandibula dilakukan dengan menggunakan software ImageJ dengan Region of Interest (ROI) 4x4mm.
    Hasil penelitian diperoleh rata-rata ukuran densitas tulang: Trabekula pada kelompok usia 5-11 tahun 17.54%, kelompok usia 12-16 tahun 21.06%, kelompok usia 18-25 tahun 24.01 %, dan kelompok usia 26-35 tahun 25.96% dengan hasil korelasi Pearson r = 0.827.
    Kesimpulan penelitian ini yaitu semakin bertambah usia kronologis maka semakin bertambah juga nilai densitas tulang pada radiograf panoramik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi