Detail Cantuman

Image of PERBANDINGAN ANALISIS FOTOGRAFI INTRAORAL DAN ANALISIS RUGAE PALATINA

Skripsi  

PERBANDINGAN ANALISIS FOTOGRAFI INTRAORAL DAN ANALISIS RUGAE PALATINA


Indonesia rentan terkena bencana massal. Bencana tersebut menimbulkan banyak korban jiwa yang harus diidentifikasi untuk tujuan kemanusiaan, sosial, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    For1-8787 614.1 Fer PJatinangor (Forensik)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614.1 Fer P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 56 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130126
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia rentan terkena bencana massal. Bencana tersebut menimbulkan banyak korban jiwa yang harus diidentifikasi untuk tujuan kemanusiaan, sosial, dan hukum. Tubuh korban yang akan diidentifikasi terkadang tidak dapat diidentifikasi menggunakan metode yang biasa digunakan dalam proses identifikasi secara massal seperti metode visual. Odontologi forensik memiliki metode alternatif dalam mengidentifikasi manusia yaitu metode rugae palatina.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran perbandingan nilai akurasi pengukuran rugae palatina pada foto intraoral dengan menggunakan pengolahan citra digital Matlab dan pada model rahang atas secara langsung. Sampel berjumlah tiga puluh individu mahasiswa FKG angkatan 2013 yang memiliki satu model rahang dan sepuluh foto intraoral yang diukur panjang dan luas rugae palatina utama kiri dan kanannya menggunakan dua metode berbeda. Hasil pengukuran rugae palatina pada enam foto intraoral menggunakan Matlab dijadikan database untuk pengujian empat foto intraoral pada data uji sebagai proses identifikasi.
    Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengukuran panjang rugae palatina pada foto intraoral menggunakan Matlab lebih panjang 11.63% dan pengukuran luas lebih luas 0.61% daripada pengukuran model rahang secara manual dan akurasi sistem pada proses identifikasi sebesar 56.67%.
    Gambaran perbandingan nilai akurasi pengukuran rugae palatina pada foto intraoral yang diolah dengan pengolahan citra digital menghasilkan hasil pengukuran yang lebih besar dibandingkan pengukuran pada model RA secara manual.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi