Detail Cantuman

Image of EKSTRAK METANOL BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) SEBAGAI ZAT WARNA PEMBANDING DALAM TEKNIK PENGECATAN GRAM

Skripsi  

EKSTRAK METANOL BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) SEBAGAI ZAT WARNA PEMBANDING DALAM TEKNIK PENGECATAN GRAM


Pengecatan Gram merupakan salah satu prosedur analisis awal dalam menegakkan diagnosis bakteriologi. Zat warna pembanding safranin atau air fuksin ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Mik1-261261 616.01 Ang EJatinangor (Mikrobiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.01 Ang E
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 53 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130103
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengecatan Gram merupakan salah satu prosedur analisis awal dalam menegakkan diagnosis bakteriologi. Zat warna pembanding safranin atau air fuksin yang berwarna merah muda dan digunakan dalam pengecatan Gram ini memiliki harga yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bahan substitusi yang warnanya menyerupai safranin atau air fuksin guna mengurangi biaya yang diperlukan dalam melakukan pengecatan Gram.
    Penelitian ini mendeskripsikan efektif atau tidaknya ekstrak metanol buah naga merah jika digunakan sebagai zat warna pembanding pada teknik pengecatan Gram. Pengecatan dilakukan pada 30 buah preparat dengan 2 ulasan. Hasil pewarnaan yang diperoleh selanjutnya disesuaikan dengan lembar degradasi warna berdasarkan RHS Colour Chart.
    Hasil dari pengecatan Gram bakteri menggunakan zat warna ekstrak methanol buah naga merah sebagai zat warna pembandingdapat mewarnai badan bakteri Gram negatif dengan warna merah muda lemah (red purplish pink) sehingga tetap dapat menghasilkan kontras warna dengan bakteri Gram positif yang berwarna ungu.
    Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa penggunaan ekstrak metanol buah naga merah dapat mewarnai bakteri Gram negatif namun warna yang dihasilkan lemah jika dibandingkan dengan zat warna air fuksin.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi