Detail Cantuman

Image of Respon Fisiologi Tubuh yang Terpapar Terapi Dental Hypnosis Dilihat dari Rekaman Elektroensefalografi

Skripsi  

Respon Fisiologi Tubuh yang Terpapar Terapi Dental Hypnosis Dilihat dari Rekaman Elektroensefalografi


Kecemasan dental merupakan salah satu masalah yang sering dirasakan oleh pasien ketika datang ke dokter gigi. Salah satu terapi mengurangi kecemasan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-555555 614 Gun RJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Gun R
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 107 hlm; Ilus; 21,5 x 29,5
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130080
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kecemasan dental merupakan salah satu masalah yang sering dirasakan oleh pasien ketika datang ke dokter gigi. Salah satu terapi mengurangi kecemasan dental yaitu menggunakan terapi dental hypnosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas gelombang otak dan keadaan pasien dengan menggunakan Elektroensefalografi ketika dilakukan dental hypnosis.
    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Naracoba pada penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu 2 orang pria dan 2 orang wanita, rentang usia 18-24 tahun, dengan kriteria sampel high-susceptibility hypnosis.
    Naracoba diberikan informed consent terlebih dahulu kemudian dilakukan prosedur penelitian berupa perekaman gelombang otak menggunakan alat Elektroensefalografi dalam keadaan sebelum di hypnosis dan selama tindakan perawatan gigi dibawah pengaruh hypnosis. Rekaman alat Elektroensefalografi kemudian diolah menggunakan software.
    Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gelombang otak naracoba dari keadaan sebelum di hypnosis dan selama dilakukan tindakan perawatan gigi dibawah pengaruh hypnosis mengalami peningkatan frekuensi alfa dan theta pada beberapa elektroda yang menunjukkan terjadinya penurunan kecemasan maupun rasa sakit dari naracoba. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya mengenai hypnosis.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi