Detail Cantuman

Image of Perbedaan tekan bahan restorasi komposit gingiva dengan filler berbasis mikrosilika, nanosilika, dan hybrid silika

Skripsi  

Perbedaan tekan bahan restorasi komposit gingiva dengan filler berbasis mikrosilika, nanosilika, dan hybrid silika


Komposit gingiva merupakan salah satu perawatan alternatif resesi gingiva. Kekuatan komposit gingiva terhadap gaya tekan perlu diketahui sebagai ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-4496/394496 620.118 Nat PJatinangor (ITMKG)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.118 Nat P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 62 hlm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140114
    Klasifikasi
    620.118
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Komposit gingiva merupakan salah satu perawatan alternatif resesi gingiva. Kekuatan komposit gingiva terhadap gaya tekan perlu diketahui sebagai tolak ukur bahan restorasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kekuatan tekan bahan restorasi komposit gingiva dengan filler berbasis mikrosilika, nanosilika, dan hybrid silika.
    Metode eksperimen semu dengan analisis one-way ANOVA digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan 3 macam bahan komposit, yaitu: mikrosilika, nanosilika, dan hybrid silika. Perbandingan matriks:filler untuk ketiga kelompok komposit adalah 30%:70%; 60%:40%; 50%:50% secara berurutan. Uji kekuatan tekan dilakukan menggunakan Universal Testing Machine dengan beban 5,6 N diberikan secara kontinu dengan kecepatan crosshead 1,0 ± 0,25 mm/menit sampai terbentuk patahan atau retakan pada sampel.
    Hasil uji kekuatan tekan didapatkan rata-rata mikrosilika sebesar 76,63 MPa, nanosilika 104,23 MPa dan hybrid silika 106,85 MPa. Nilai p untuk ketiga kelompok sebesar 0,001; antara mikrosilika dan nanosilika sebesar 0,002; antara mikrosilika dan hybrid silika sebesar 0,001 dan antara hybrid silika dan nanosilika sebesar 0,748.
    Kesimpulan dari penelitian ini adanya perbedaan kekuatan tekan yang bermakna antara komposit dengan filler mikrosilika, nanosilika, dan hybrid silika. Komposit gingiva dengan filler hybrid silika memiliki kekuatan tekan tertinggi diantara ketiganya.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi