Detail Cantuman

Image of Validitas dan Reliabilitas Malocclusion Impact Questionnaire dalam Versi Bahasa Indonesia pada Usia Remaja Awal

Skripsi  

Validitas dan Reliabilitas Malocclusion Impact Questionnaire dalam Versi Bahasa Indonesia pada Usia Remaja Awal


Kuesioner adalah alat ukur riset atau survei yang terdiri atas serangkaian daftar pertanyaan tertulis untuk mengetahui suatu data atau informasi. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1-4578/1214578 617.64 Sug VJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Sug V
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 88 hlm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140043
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kuesioner adalah alat ukur riset atau survei yang terdiri atas serangkaian daftar pertanyaan tertulis untuk mengetahui suatu data atau informasi. Karakteristik utama yang harus dimiliki oleh sebuah alat ukur adalah validitas dan reliabilitas. Malocclusion Impact Questionnaire merupakan salah satu instrumen penilaian subjektif maloklusi untuk mengetahui permasalahan dan keterbatasan akibat maloklusi pada remaja dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan reliabilitas Malocclusion Impact Questionnaire dalam versi bahasa Indonesia pada usia remaja awal.
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik stratified random sampling. Penelitian dilakukan terhadap 63 siswa yang berusia 12-14 tahun di SMPN 2 Jatinangor melalui pengisian kuesioner yang telah melalui proses penerjemahan forward and backward-translation ke dalam versi bahasa Indonesia. Empat siswa tidak memenuhi kriteria karena ada riwayat perawatan ortodontik. Analisis statistika dilakukan menggunakan software IBM SPSS.
    Hasil penelitian ini menunjukkan kuesioner MIQ versi bahasa Indonesia memiliki validitas isi dan validitas rupa yang baik. Hasil perhitungan validitas konstrak menghasilkan nilai korelasi rata-rata 0.497. Kuesioner ini juga memiliki nilai konsistensi internal (Cronbach`s alpha = 0.895) dan reliabilitas tes ulang (ICC = 0.886; 95% CI 0.727�0.954) yang baik.
    Kesimpulan penelitian ini adalah kuesioner MIQ dalam versi bahasa Indonesia sudah valid dan reliabel.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi