Detail Cantuman

Image of Perbedaan tingkat kecemasan pada orang tua penderita celah bibir dan langit-langit yang belum dan telah dioperasi

Skripsi  

Perbedaan tingkat kecemasan pada orang tua penderita celah bibir dan langit-langit yang belum dan telah dioperasi


Orang tua dengan anak penderita celah bibir dan langit-langit (CB/L) yang akan dioperasi sering mengalami kecemasan, baik penderita CB/L yang belum ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ane1-4581/1244581 617.96 Ani PJatinangor (Anestesi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.96 Ani P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 78 hlm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    1601101400015
    Klasifikasi
    617.96
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Orang tua dengan anak penderita celah bibir dan langit-langit (CB/L) yang akan dioperasi sering mengalami kecemasan, baik penderita CB/L yang belum dan telah dioperasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perbedaan kecemasan yang dialami orang tua penderita CB/L yang belum dioperasi dan telah dioperasi sebelumnya.
    Penelitian ini merupakan studi komparatif dengan jumlah responden 17 orang tua dari penderita yang belum dioperasi dan 13 orang tua dari penderita yang telah dioperasi. Penelitian dilaksanakan di Instalasi Cleft Center RSGM FKG Unpad selama bulan Januari 2018 sampai dengan Februari 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan instrumen penelitian berupa kuesioner Stait Trait Anxiety Inventory (STAI). Data akan dianalisis menggunakan uji statistik Mann Whitney.
    Hasil penelitian menunjukan state dan trait anxiety kedua kelompok pada kategori sedang. State anxiety lebih tinggi dibandingkan dengan trait anxiety. Analisis perbandingan masing-masing state dan trait pada kedua kelompok menunjukkan H0 diterima (p>0,05). Kecemasan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, status ekonomi, dan pekerjaan.
    Simpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan signifikan antara orang tua dari penderita CB/L yang belum dioperasi dan orang tua dari penderita CB/L yang telah dioperasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi