Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Intensitas Warna Ekstrak Buah Naga Merah sebagai Bahan Pewarna Plak Gigi


Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) memiliki pigmen betasianin yang menghasilkan warna merah dan sering digunakan sebagai pewarna alami makanan. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Per1-4531/744531 617.63 Fir IJatinangor (PERIODONSIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.63 Fir I
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 46 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140053
    Klasifikasi
    617.63
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) memiliki pigmen betasianin yang menghasilkan warna merah dan sering digunakan sebagai pewarna alami makanan. Beberapa bahan pewarna makanan alami dapat digunakan sebagai bahan pewarna plak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan intensitas warna antara ekstrak buah naga merah berbagai konsentrasi dengan bahan kontrol basic fuhsin sebagai bahan pewarna pada plak gigi.
    Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif laboratoris menggunakan preparat plak yang diambil dari permukaan gigi (N=30). Preparat plak dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 preparat plak, setiap kelompok diberikan satu tetes bahan pewarna plak Eviplac, ekstrak buah naga merah dengan konsentrasi 25%, 50%, 75%, dan 100%. Penilaian dilakukan dengan melihat hasil pewarnaan plak berdasarkan hasil uji alat spektrofotometer.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsentrasi ekstrak buah naga merah 100% memberikan warna merah keunguan yang lebih jelas dengan nilai rata-rata hasil pewarnaan sebesar 6.4962 dibandingkan dengan ekstrak buah naga merah konsentrasi 25% sebesar 1.8194, 50% sebesar 3.3105, dan 75% sebesar 5.3134 serta bahan pewarna plak basic fuhsin sebesar 5.9613 untuk mewarnai plak secara in vitro.
    Simpulan dari penelitian ini adalah ekstrak buah naga merah dengan konsentrasi 100% memiliki intensitas warna yang lebih tinggi daripada bahan kontrol positif basic fuhsin dan dapat digunakan sebagai bahan pewarna plak pada gigi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi