Detail Cantuman

Image of Perbedaan Risiko Karies Orang Tua Siswa di SDN Cibeusi dan di SDN Sirnagalih Daerah Jatinangor Usia 35-44 Tahun

Skripsi  

Perbedaan Risiko Karies Orang Tua Siswa di SDN Cibeusi dan di SDN Sirnagalih Daerah Jatinangor Usia 35-44 Tahun


Penyakit yang terbanyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah karies. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IKM1-4524/674524 614 May PJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 May P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 87 hlm ; ilus ; 21 x 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140034
    Klasifikasi
    614
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penyakit yang terbanyak diderita oleh masyarakat Indonesia adalah karies. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui faktor risiko terjadinya karies. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan risiko karies orang tua siswa di SDN Cibeusi dan di SDN Sirnagalih.
    Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian analitik cross-sectional. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu dengan wawancara menggunakan formulir Caries Risk Assessment-American Dental Association dan pemeriksaan klinis rongga mulut. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua siswa SDN Cibeusi dan SDN Sirnagalih yang berusia 35-44 tahun. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode total sampling dan didapatkan total subjek penelitian sebanyak 140 orang.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa di SDN Cibeusi sebanyak 68,5% memiliki risiko karies tinggi, 28,9% risiko sedang, dan 2,6% risiko rendah. Di SDN Sirnagalih, sebanyak 56% orang tua siswa memiliki risiko karies tinggi, 12,5% risiko sedang, dan 0% risiko rendah. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai p 0,0067 (nilai p < alpha).
    Simpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan antara risiko karies orang tua siswa di SDN Cibeusi dan di SDN Sirnagalih usia 35-44 tahun.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi