Detail Cantuman

Image of Evektivitas Pelatihan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keterampilan Komunikasi Medik Dokter Gigi dan Pasien

Skripsi  

Evektivitas Pelatihan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Keterampilan Komunikasi Medik Dokter Gigi dan Pasien


Hubungan dokter gigi dan pasien yang baik dapat dicapai dengan komunikasi medik yang efektif. Keterampilan komunikasi medik dokter kepada pasien ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ikm1-4547/904547 610.696 Ama EJatinangor (IKM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    610.696 Ama E
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 76 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140025
    Klasifikasi
    610.696
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Hubungan dokter gigi dan pasien yang baik dapat dicapai dengan komunikasi medik yang efektif. Keterampilan komunikasi medik dokter kepada pasien merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam memberikan upaya pelayanan medis. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi medik yaitu diperlukan adanya pelatihan. Pelatihan komunikasi medik merupakan suatu cara untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang dokter dalam menambah pengetahuan mengenai keterampilan komunikasi dokter-pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pelatihan pada dokter gigi profesional dalam meningkatkan pengetahuan keterampilan komunikasi medik.
    Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design berjenis one group pretest and posttest design. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling. 32 peserta pelatihan komunikasi medik ikut serta dalam penelitian. Pengukuran pengetahuan responden dilakukan dengan pre-test dan post-test.
    Data yang diperoleh dihitung dengan uji wilcoxon, Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan pengetahuan dan dibuktikan dengan nilai signifikansi dari nilai pengetahuan pre-test dan post-test dengan hasil p-value sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan terdapat perubahan pengetahuan keterampilan komunikasi medik setelah dilakukan pelatihan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi