Detail Cantuman

Image of Deskripsi Resorpsi Tulang Alveolar Pada Mandibula Pasien Perempuan Tidak Bergigi Sebagian Pada Radiograf Panoramik

Skripsi  

Deskripsi Resorpsi Tulang Alveolar Pada Mandibula Pasien Perempuan Tidak Bergigi Sebagian Pada Radiograf Panoramik


Resorpsi tulang alveolar merupakan masalah yang sering terjadi pada penderita edentulous, baik pada rahang atas maupun rahang bawah. Pemeriksaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-4533/764533 616.0757 Kha DJatinangor (Radiologi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Kha D
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 73 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140094
    Klasifikasi
    616.0757
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Resorpsi tulang alveolar merupakan masalah yang sering terjadi pada penderita edentulous, baik pada rahang atas maupun rahang bawah. Pemeriksaan radiografi panoramik dapat digunakan untuk melihat adanya resorpsi pada tulang alveolar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya resorpsi tulang alveolar dengan cara mengukur ketinggian tulang alveolar pada mandibula pasien perempuan tidak bergigi sebagian melalui radiograf panoramik.
    Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan 34 arsip radiograf panoramik pasien wanita tidak bergigi sebagian pada rahang bawah usia 20-45 tahun di Instalasi Radiologi Kedokteran Gigi RSGM Unpad pada tahun 2016 sampai dengan tahun 2017. Ketinggian tulang alveolar diukur menggunakan Metode Proksimal RABL (Radiographic Alveolar Bone Loss) dengan software Ez-Pax Plus.
    Nilai rata-rata resorpsi tulang alveolar tertinggi sebesar 12,96% terjadi pada kelompok usia 30-35 tahun dan nilai terendah sebesar 10,98% terjadi pada kelompok usia 20-29 tahun.
    Disimpulkan bahwa ketinggian tulang alveolar pada mandibula pasien perempuan tidak bergigi sebagian mengalami resorpsi ringan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi