Detail Cantuman

Image of Gambaran Ankyloglossia dan Fissure Tongue pada Siswa Kelas 5 SD di Kecamatan Jatinangor Sumedang

Skripsi  

Gambaran Ankyloglossia dan Fissure Tongue pada Siswa Kelas 5 SD di Kecamatan Jatinangor Sumedang


Ankyloglossia adalah kelainan kongenital yang terjadi pada lidah berupa perlekatan frenulum lingual yang pendek atau terletak dekat dengan ujung ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IPM-4544/874544 616.31 Uta GJatinangor (IPM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.31 Uta G
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 55 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140038
    Klasifikasi
    616.31
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Ankyloglossia adalah kelainan kongenital yang terjadi pada lidah berupa perlekatan frenulum lingual yang pendek atau terletak dekat dengan ujung lidah. Fissure tongue merupakan suatu kondisi adanya celah atau lekukan pada bagian dorsal lidah. Kedua kelainan tersebut dapat bersifat asimptomatik namun diperlukan perhatian agar tercapai kesehatan mulut yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran prevalensi dan klasifikasi ankyloglossia dan fissure tongue pada siswa kelas 5 SD di Kecamatan Jatinangor Sumedang.
    Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif. Sampel yang diperiksa sejumlah 157 anak dengan teknik purposive sampling. Pemeriksaan kondisi lidah pada subjek dilakukan dengan melihat secara visual bagian dorsal dan ventral lidah.
    Hasil penelitian diperoleh ankyloglossia 13 anak (8,28%), fissure tongue 10 anak (6,37%) dan keduanya 7 anak (4,46%). Tipe ankyloglossia seluruhnya adalah partial ankyloglossia. Tipe fissure tongue yang ditemukan pada 10 anak (6,37%) tipe central longitudinal, 5 anak (3,19%) branching, 1 anak (0,64%) central transversal dan 1 anak (0,64%) diffuse.
    Simpulan penelitian ini adalah prevalensi ankyloglossia 8,28% dan fissure tongue 6,37% serta klasifikasi yang paling banyak ditemukan adalah partial ankyloglossia dan central longitudinal pada fissure tongue.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi