Detail Cantuman

Image of Perbedaan Fleksibilitas Resin Nilon Termoplastik Valplast dengan Lucitone FRS pada Ketebalan yang Berbeda

Skripsi  

Perbedaan Fleksibilitas Resin Nilon Termoplastik Valplast dengan Lucitone FRS pada Ketebalan yang Berbeda


Jenis polimer selain resin akrilik telah dikembangkan, salah satunya resin nilon termoplastik. Resin ini memiliki fleksibilitas dan stabilitas yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Pro1-4538/814538 617.69 Wul pJatinangor (PROSTODONSIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.69 Wul p
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 95 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130004
    Klasifikasi
    617.69
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jenis polimer selain resin akrilik telah dikembangkan, salah satunya resin nilon termoplastik. Resin ini memiliki fleksibilitas dan stabilitas yang baik, ringan dan tidak mudah patah. Merek yang umum di pasaran adalah merek Valplast® dan Lucitone FRS. Permasalahan kelenturan yang besar dapat menyebabkan distribusi stres yang tidak merata sehingga dapat menyebabkan memburuknya jaringan pendukung gigi tiruan akibat resorbsi linggir alveolar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan fleksibilitas antara resin nilon termoplastik Valplast dengan Lucitone FRS pada ketebalan yang berbeda.

    Sampel penelitian berjumlah 72 sampel berbentuk batang terdiri dari 8 kelompok uji dengan merek Valplat, Lucitone FRS dan akrilik. Setiap merek dibagi menjadi 4 macam ukuran ketebalan. Berdasarkan standar ADA berukuran 65 mm x 10 ± 0,03 mm x 2,5 ± 0,03 mm dan dengan ketebalan berbeda yaitu 1,5 ± 0,03 mm, 2 ± 0,03 mm, 3 ± 0,03 mm. Sampel direndaman dan dimasukkan ke dalam inkubator dengan suhu 37 ± 2° C selama 50 jam kemudian diuji menggunakan tes tiga titik lentur yaitu kedua ujung sampel disangga dengan jarak 50 mm antara dua titik pendukung dan sampel ditekan 1,5 kg dengan kecepatan 5mm/menit secara beraturan dan meningkat sebesar 0,5 kg selama 30 detik kemudian dicatat. Prosedur dilakukan secara beraturan dan meningkat sampai mencapai beban 5 kg menggunakan alat uji Universal Testing Machine.

    Hasil penelitian rerata nilai fleksibilitas tertinggi adalah kelompok Lucitone FRS dengan ketebalan 3 mm rerata 118.72 N/mm2 dan rerata nilai fleksibilitas terendah adalah Valplast dengan ketebalan 2,5 mm rerata 44,80 N/mm2. Terdapat perbedaan nilai fleksibilitas yaitu rerata Valplast lebih rendah dari Lucitone yang menunjukkan bahwa Valplast lebih fleksibel dibanding Lucitone FRS.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi