Detail Cantuman

Image of Pengaruh Toksisitas LAndasan Akrilik Self-Cured Terhadap Apoptosis Sel Fibroblast

Skripsi  

Pengaruh Toksisitas LAndasan Akrilik Self-Cured Terhadap Apoptosis Sel Fibroblast


Akrilik merupakan salah satu bahan landasan gigi tiruan yang populer digunakan oleh dokter gigi di bidang prostodonti. Pembuatan gigi tiruan saat ini ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Pro1-4541/844541 617.69 Soe PJatinangor (Prostodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.69 Soe P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 73 hlm; ilus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140049
    Klasifikasi
    617.69
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Akrilik merupakan salah satu bahan landasan gigi tiruan yang populer digunakan oleh dokter gigi di bidang prostodonti. Pembuatan gigi tiruan saat ini dapat dilakukan juga oleh tukang gigi sesuai dengan peraturan Permenkes, namun terbatas pada bahan akrilik heat-cured sebagai landasan gigi tiruan. Tukang gigi diketahui sering menggunakan bahan akrilik self-cured sebagai landasan gigi tiruan, tanpa memperhatikan toksisitas dari bahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh toksisitas akrilik self-cured terhadap sel fibroblast.
    Penelitian menggunakan metode eksperimental in vitro dengan melakukan kontak antara piringan akrilik self-cured dan sel fibroblast REF (Rat Embryonic Fibroblast) selama 48 jam. Piringan akrilik self-cured yang digunakan pada penelitian ini dibuat dengan ukuran diameter 1 cm dan tebal 1 mm. Pengaruh toksisitas piringan akrilik self-cured dilihat dengan membandingkan viabilitas sel pada piringan akrilik self-cured yang sudah direndam pada air suhu ruangan (25o C) selama 1 jam dengan monomer sisa yang terukur sebagai kontrol (2,5%).
    Hasil penelitian ini menunjukkan jumlah rata-rata viabilitas sel pada piringan akrilik self-cured sebesar 24,04% dan pada kontrol 17,43%. Analisis statistik uji-t penelitian menunjukkan nilai p dibawah nilai kemaknaan (p < 0,05), yaitu 0,02. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh toksisitas bahan landasan akrilik self-cured terhadap apoptosis sel fibroblast dan adanya perbedaan bermakna pada perendaman piringan akrilik dalam air suhu ruangan selama 1 jam terhadap kontrol.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi