Detail Cantuman

Image of Hubungan Antara Usia dengan Kualitas Tulang Mandibula Ditinjau dari Radiograf Panoramik di RSGM

Skripsi  

Hubungan Antara Usia dengan Kualitas Tulang Mandibula Ditinjau dari Radiograf Panoramik di RSGM


Seiring dengan bertambahnya usia, kualitas tulang seseorang dapat berubah dan dapat terlihat pada keadaan tulang mandibula. Pemeriksaan radiografi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Rad1-4540/834540 616.075.7 Amr HJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.075.7 Amr H
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 80 hlm; illus; 21x29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110140100
    Klasifikasi
    616.075.7
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Seiring dengan bertambahnya usia, kualitas tulang seseorang dapat berubah dan dapat terlihat pada keadaan tulang mandibula. Pemeriksaan radiografi panoramik dapat digunakan untuk menilai perubahan kualitas tulang mandibula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara usia dengan kualitas tulang mandibula ditinjau dari radiograf panoramik di RSGM Unpad.
    Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan rancangan studi cross sectional. Penelitian ini melibatkan 48 sampel berupa arsip radiograf panoramik di Instalasi Radiologi RSGM Unpad dengan usia pasien 13 � 59 tahun saat dilakukan pengambilan foto. Kualitas tulang mandibula diukur pada radiograf panoramik dengan metode Mandibular Alveolar Bone Resorption Index (MM Ratio) menggunakan piranti lunak EzPax � Plus.
    Nilai rata-rata MM Ratio tertinggi sebesar 2,384 dan nilai paling rendah yaitu 2,286. Koefisien korelasi rank Spearman (rs) sebesar -0,046 (¬p-value=0,757) antara usia dengan MM Ratio mandibula kanan dan rs=-0,058 (¬p-value=0,697) antara usia dengan MM Ratio mandibula kiri.
    Disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara usia dengan kualitas tulang mandibula kiri dan kanan ditinjau dari radiograf panoramik di RSGM Unpad berdasarkan MM Ratio.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi