Detail Cantuman

Image of Prevalensi Dental Fear and Anxiety dan Dental Avoidance pada Remaja

Skripsi  

Prevalensi Dental Fear and Anxiety dan Dental Avoidance pada Remaja


Rasa takut terhadap perawatan gigi merupakan reaksi patologis yang alamiah pada pasien saat melakukan perawatan gigi, sedangkan rasa cemas merupakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1- 46214621 617.64 Ser PJatinangor (Pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Ser P
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 65 hlm.; 29 x 21 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    '160110140063
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Rasa takut terhadap perawatan gigi merupakan reaksi patologis yang alamiah pada pasien saat melakukan perawatan gigi, sedangkan rasa cemas merupakan kondisi psikis yang mempunyai hubungan erat dengan sesuatu yang tidak dikenal dan mempunyai efek emosi yang kuat. Rasa takut dan cemas akan mengakibatkan pasien cenderung menghindari perawatan gigi sehingga akan memengaruhi perawatan selanjutnya.
    Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prevalensi dental fear and anxiety dan dental avoidance pada remaja. Jenis penelitian adalah deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode stratified sampling. Subjek penelitian terdiri dari 64 orang remaja dengan usia 12-15 tahun di SMP Negeri 30 Bandung. Pengukuruan subjek menggunakan alat ukur kuesioner Index Dental Anxiety and Fear (IDAF-4C+) dan kuesioner dental avoidance.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31,3% remaja usia 12 tahun menyatakan bahwa mereka memiliki rasa takut dan cemas terhadap perawatan gigi dan 62,5% perempuan takut dan cemas pada perawatan gigi. Remaja menghindari kunjungan ke dokter gigi pada usia 14 tahun karena merasa tidak perlu ke dokter gigi sebesar 10,94%, sebanyak 18,75% laki-laki menghindari kunjungan ke dokter gigi disebabkan oleh alasan yang sama.
    Simpulan penelitian menunjukkan bahwa remaja yang mengalami dental fear and anxiety cukup besar dan remaja memiliki kecenderungan menghindari kunjungan ke dokter gigi disebabkan oleh beberapa alasan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi