Detail Cantuman

Image of Gambaran Bayi Lahir dengan Celah Bibir dan Langit-langit di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung Periode 2013-2017

Skripsi  

Gambaran Bayi Lahir dengan Celah Bibir dan Langit-langit di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung Periode 2013-2017


Celah bibir dan langit-langit merupakan kelainan kongenital orofasial serius yang paling sering ditemui. Perawatan celah bibir dan langit-langit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-46274627 617.4 Rah GJatinangor (Pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.4 Rah G
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    x, 67 hlm,; illus; 29x21cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130115
    Klasifikasi
    617.4
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Celah bibir dan langit-langit merupakan kelainan kongenital orofasial serius yang paling sering ditemui. Perawatan celah bibir dan langit-langit dapat meliputi aspek penampilan pasien, fungsi bicara, pendengaran, pengunyahan, dan penelanan yang membutuhkan kerjasama multidisipliner secara terintegrasi dan berkelanjutan dimulai dari deteksi dini hingga perbaikan fungsi dan estetika. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung terletak di Ibu Kota Jawa Barat dan ditetapkan sebagai Rumah Sakit Rujukan Nasional. Penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran bayi lahir dengan celah bibir dan langit-langit di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung periode 2013-2017.
    Sampel dalam penelitian adalah data rekam medik bayi lahir dengan celah bibir dan langit-langit di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung periode 2013-2017 meliputi distribusi per-tahun, rasio laki-laki dan perempuan, serta angka kejadian berdasarkan klasifikasi ICD-10. Metode yang digunakan adalah purposive sampling.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase bayi lahir dengan celah bibir dan langit-langit selama lima tahun pada 2013-2017 di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung adalah sebesar 1,4%. Prevalensi bayi lahir dengan celah bibir dan langit-langit selama lima tahun tersebut adalah sebesar 94,64/10.000 kelahiran. Diagnosis yang paling sering ditemukan adalah celah bibir disertai celah langit-langit yaitu sebanyak 55% dari 130 kasus.
    Simpulan dari penelitian gambaran bayi lahir dengan celah bibir dan langit-langit di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung adalah persentase tahunannya mengalami fluktuasi tanpa perbedaan yang signifikan antara bayi laki-laki dan perempuan serta jenis celah bibir yang paling banyak ditemukan adalah celah bibir disertai celah langit-langit, diikuti dengan celah bibir saja dan yang paling jarang ditemukan adalah celah langit-langit saja.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi