Detail Cantuman

Image of Evaluasi Penerapan Dental Hypnosis Untuk Menanggulangi Kecemasan Terhadap Alat Dasar Kedokteran Gigi

Skripsi  

Evaluasi Penerapan Dental Hypnosis Untuk Menanggulangi Kecemasan Terhadap Alat Dasar Kedokteran Gigi


Kecemasan yang dialami pasien anak seringkali dapat mengganggu perawatan gigi yang diberikan sehingga dapat menjadi masalah yang serius terhadap ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ped1-46234623 615.8 Far CJatinangor (Pedodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    615.8 Far C
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 78 hlm,; 30x21cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130020
    Klasifikasi
    615.8
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kecemasan yang dialami pasien anak seringkali dapat mengganggu perawatan gigi yang diberikan sehingga dapat menjadi masalah yang serius terhadap dokter gigi. Saat ini telah banyak cara yang dikembangkan untuk menanggulangi kecemasan dental. Dental hypnosis berperan sebagai ilmu yang dapat menurunkan tingkat kecemasan pada pasien anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh dari dental hypnosis untuk menanggulangi rasa cemas terhadap alat dasar kedokteran gigi pada anak.
    Penelitian ini menggunakan metode ekperimental semu dengan 30 sampel pada anak usia 6-12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat pada kelompok eksperimen, dengan pemilihan kelompok eksperimen secara tidak acak. Data yang dihasilkan merupakan data statistik yang diuji menurut uji perbandingan wilcoxon.
    Hasil penelitian pada uji perbandingan wilcoxon yang telah dilakukan menunjukan bahwa rata-rata kecemasan anak sebelum penerapan dental hypnosis sebesar 6,40 dan setelah penerapan dental hypnosis sebesar 1,13. nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukan bahwa penerapan dental hypnosis terbukti efektif menanggulangi kecemasan terhadap alat dasar kedokteran gigi pada anak di Klinik Dokter Gigi Keluarga Tangerang.
    Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan dental hypnosis terbukti efektif menanggulangi kecemasan terhadap alat dasar kedokteran gigi pada anak.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi