Detail Cantuman

No image available for this title

Thesis  

Korelasi Antara Neutrophil-Lymphocyte-Ratio (Nlr) Dengan Derajat Keparahan Klinis Pada Pasien Infeksi Odontogenik Akut


Pendahuluan: Pasien dengan infeksi spasium wajah yang berasal dari infeksi odontogenik beresiko mengalami komplikasi yang mengancam jiwa. Penentuan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IBM2-717717 617.605 Tri KSekeloa (Bedah Mulut)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.605 Tri K
    Penerbit PPDGS Bedah Mulut FKG Unpad : FKG UNPAD SEKELOA.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 87 hlm,; illus.; 21 x 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160121140004
    Klasifikasi
    617.605
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Pasien dengan infeksi spasium wajah yang berasal dari infeksi odontogenik beresiko mengalami komplikasi yang mengancam jiwa. Penentuan kuantitatif serum penanda dapat membantu menentukan tingkat keparahan pada infeksi odontogenik. Penanda yang baru-baru ini diperkenalkan ke dalam praktik klinis dikaitkan dengan biaya tinggi yang menjadi keterbatasan utama. Sebaliknya, NLR adalah parameter yang murah dan mudah didapat yang tidak memerlukan peralatan khusus untuk pengukuran NLR. Neutrofil berespon cepat terhadap infeksi mikroba dan menghasilkan peningkatan drastis jumlah neutrofil dalam sirkulasi yang bermigrasi ke area yang terinfeksi. Sebaliknya, peningkatan apoptosis limfosit akan berakibat pada penurunan efektor inflamasi dan juga imunosupresi.
    Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara NLR dan derajat keparahan klinis pada pasien infeksi odontogenik akut pada hari ke-0 dan hari ke-3, serta untuk mengetahui perbedaan nilai NLR dan CSS pada hari ke-0 dan hari ke-3.
    Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Cohort prospektif pada 29 pasien infeksi odontogenik akut yang datang ke IGD RSHS dan memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada hari ke-0 (T1) dan hari ke-3 (T2). Variabel penelitian yang dilakukan pengukuran yaitu nilai NLR yang diperoleh melalui pemeriksaan hematologic 35 parameter, dan derajat keparahan klinis dengan cara menjumlahkan skor pada tabel CSS. Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis uji korelasi Spearman�s untuk melihat korelasi antara nilai NLR dan CSS dan dilakukan uji T untuk melihat perbedaan nilai NLR dan CSS pada T1 dan T2.
    Hasil Penelitian: Hasil analisis menggunakan Spearman�s Correlation Test menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara NLR dan derajat keparahan klinis pada pasien dengan infeksi odontogenik akut. pada T1 nilai NLR dengan derajat keparahan klinis mempunyai korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang yang bermakna secara statistik dengan r=0,5 dan p
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi