Detail Cantuman

Image of Insidensi Stomatitis Aftosa Rekuren Pada Pasien Atopi Di RSGM Unpad dan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung

Skripsi  

Insidensi Stomatitis Aftosa Rekuren Pada Pasien Atopi Di RSGM Unpad dan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung


Stomatitis aftosa rekuren (SAR) merupakan suatu peradangan yang ditandai dengan adanya ulkus berulang pada mukosa rongga mulut tanpa gejala atau ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    IPM1- 46514651 616.31 Tsu IJatinangor (IPM)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.31 Tsu I
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 71 hlm,; illus; 29x21cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110150153
    Klasifikasi
    616.31
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Stomatitis aftosa rekuren (SAR) merupakan suatu peradangan yang ditandai dengan adanya ulkus berulang pada mukosa rongga mulut tanpa gejala atau penyakit lain. Etiologi SAR sampai saat ini belum diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor predisposisi SAR diantaranya defisiensi nutrisi, trauma, genetik, hormonal, stress, dan alergi. Kondisi atopi dapat memicu terjadinya SAR. Atopi merupakan suatu keadaan hipersensitivitas berupa peningkatan jumlah antibodi immunoglobulin E (IgE) yang terbentuk dan memiliki kecenderungan bersifat herediter atau diturunkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui insidensi stomatitis aftosa rekuren pada pasien atopi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad dan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Data diperoleh dari hasil pemeriksaan rongga mulut pada 46 pasien atopi usia 18-50 tahun yang terdaftar di divisi alergi dan imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (IKK), Departemen Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Departemen Ilmu Penyakit Dalam (IPD), dan Departemen Gigi Mulut RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unpad periode Oktober-Desember 2018.
    Hasil penelitian menunjukkan terdapat 12 dari 46 pasien atopi yang mempunyai riwayat SAR dan sedang mengalami SAR pada saat pemeriksaan. Simpulan yang didapat penelitian ini adalah insidensi SAR pada pasien atopi periode Oktober-Desember 2018 di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung adalah 26%.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi