Detail Cantuman

Image of Periodontitis pada Wanita Hamil sebagai Faktor Risiko Terjadinya Kelahiran Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)

Skripsi  

Periodontitis pada Wanita Hamil sebagai Faktor Risiko Terjadinya Kelahiran Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR)


Pendahuluan: Periodontitis merupakan inflamasi pada jaringan pendukung gigi, yang menyebabkan kerusakan progresif pada periodonsium dan tulang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Per1-47364736 617.63 Mut PJatinangor (Periodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.63 Mut P
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 77 hlm,; illus; 29x21cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110150030
    Klasifikasi
    617.63
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Periodontitis merupakan inflamasi pada jaringan pendukung gigi, yang menyebabkan kerusakan progresif pada periodonsium dan tulang alveolar disertai dengan peningkatan kedalaman poket pada wanita hamil. Dampaknya dapat mempengaruhi hasil kehamilan yang merugikan, namun belum dievaluasi secara sistematis sehingga belum ada pernyataan yang pasti mengenai hubungan antara penyakit periodontal dengan kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR). Penelitian ini bertujuan untuk mengulas dan menganalisis literatur mengenai faktor risiko periodontitis pada kehamilan terhadap bayi prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR). Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dengan mencari basis data melalui mesin pencarian elektronik PubMed, EBSCOhost, dan ProQuest dengan menggunakan kata kunci. Hasil: Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan, diperoleh 15 artikel yang sesuai. Keseluruhan artikel yang diteliti mengulas mengenai faktor risiko periodontitis pada kehamilan terhadap bayi prematur BBLR. Simpulan: Periodontitis dapat menjadi salah satu faktor risiko terhadap kelahiran prematur BBLR, dengan beberapa faktor risiko lain yang dapat dipertimbangkan seperti usia, sosioekonomi, pendidikan dan Indeks Massa Tubuh (IMT) ibu.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi