Detail Cantuman

Image of Efektivitas Metode Social Story Menggunakan Media Kartu Bergambar dalam Berkomunikasi saat Melakukan Perawatan Gigi pada Anak Gangguan Spektrum Autisme

Thesis  

Efektivitas Metode Social Story Menggunakan Media Kartu Bergambar dalam Berkomunikasi saat Melakukan Perawatan Gigi pada Anak Gangguan Spektrum Autisme


ivEfektivitas Metode Social Story Menggunakan Media Kartu Bergambar dalam Berkomunikasi saat Melakukan Perawatan Gigi padaAnak Gangguan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    TH-743743 617.64 Juw ESekeloa (IKGA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Juw E
    Penerbit PPDGS IKGA FKG Unpad : FKG UNPAD SEKELOA.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 78 hlm,; illus.; 21 x 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160421160004
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ivEfektivitas Metode Social Story Menggunakan Media Kartu Bergambar dalam Berkomunikasi saat Melakukan Perawatan Gigi padaAnak Gangguan Spektrum AutismeRuth Christiana Juwitaningrum -160421160004ABSTRAKAnak gangguan spektrum autisme mengalami gangguan perkembangan otak terutama pada bahasa dan sosial, sehingga kemampuan bicaranyaberbeda dengan anak lain. Tujuan penelitian adalah mengamati, menganalisis dan mengevaluasi efektivitas metode social storymenggunakan media kartu bergambar dalam berkomunikasi antara dokter gigi dan anak gangguan spektrum autisme saat melakukan perawatan gigi.Metode penelitian adalah eksperimental semu dengan subjek tunggal. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive samplingdan didapat 23 sampel yang memenuhi kriteria inklusi, terdiri dari 18 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, dengan rentang usia 7 sampai 20 tahun. Hasil penelitian diuji statistik menggunakan uji parametrik t-testdata berpasangan dan uji proporsi.Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan komunikasi yang signifikan antara kunjungan pertama dengan kunjungan berikutnya setelah di berikan intervensi dengan metode social storymenggunakan media kartu bergambar dengan nilai p-value< 0,05 (0,01) dan metode social storybelum dapat dikatakan sangat efektif digunakan di Lembaga Pendidikan Autisma Prananda Bandung dengan hasil analisis uji proporsi menunjukkan nilai Z yaitu -17,49 dengan p-value 1,397E-67 yang berarti signifikan.Simpulan penelitian adalah terdapat peningkatan komunikasi antara kunjungan pertama dengan kunjungan berikutnya setelah diberikan intervensi dengan metode social storymenggunakan media kartu bergambar. Metode social storymenggunakan media kartu bergambar belum sangat efektif untuk komunikasi saat melakukan perawatan gigi pada anakgangguan spektrum autisme di Lembaga Pendidikan Autisma Prananda Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi