Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

KORELASI USIA KRONOLOGIS DENGAN AREA CERVICAL VERTEBRAE MATURATION (CVM) 2,3,4 MENGGUNAKAN RADIOGRAF SEFALOMETRI PADA SUBRAS DEUTRO-MELAYU


Pendahuluan: Identifikasi usia pada individu remaja dalam berbagai kasus tindak pidana masih menemui banyak kesulitan. Penentuan usia menggunakan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    RAD1-48144814 616.0757 Azz KJatinangor (Radiologi)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.0757 Azz K
    Penerbit FKG Unpad : Bandung, Indonesia.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 96 hlm; Ilus; 21 x 29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160092
    Klasifikasi
    616.0757
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Identifikasi usia pada individu remaja dalam berbagai kasus tindak pidana masih menemui banyak kesulitan. Penentuan usia menggunakan cervical vertebrae merupakan salah satu pendekatan ilmiah yang dapat dijadikan sebagai alternatif metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi usia kronologis dengan area cervical vertebrae maturation (CVM) 2,3,4 menggunakan radiograf sefalometri pada Subras Deutro-Melayu.

    Metode: Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa 96 radiograf sefalometri pasien berusia 9-20 tahun dari Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjdjaran. Sampel diambil dalam rentang tahun 2016-2018 menggunakan teknik purposive non-random sampling. Luas area cervical vertebrae diukur menggunakan aplikasi Fiji Imagej dengan plugin Morphological Segmentation dalam satuan mm2. Hasil pengukuran dianalisa dengan intraclass correlation dan uji korelasi pearson.

    Hasil: Luas area cervical vertebrae maturation (C2,C3,C4) dengan usia kronologis menunjukkan tingkat korelasi yang sangat kuat. Koefisien korelasi (r) CVM 2 = 0,959, CVM 3 = 0,968 , dan CVM 4 = 0,966.

    Pembahasan: Pola pertambahan luas cervical vertebrae cenderung meningkat pada usia 9-17 tahun dan cenderung mendatar pada usia 17-20 tahun. Hal ini terjadi karena pada usia 9-17 merupakan masa pubertas sehingga terjadi peningkatan aktivitas hormon yang mengakibatkan pesatnya pertumbuhan cervical vertebrae. Setelah selesai masa pubertas tingkat pertumbuhannya sedikit.

    Simpulan: Penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara usia kronologis dengan area cervical vertebrae maturation (CVM 2,3,4) pada Subras Deutro-melayu.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi