Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Gambaran Nilai Facial Index Berdasarkan Klasifikasi Maloklusi Angle pada Ras Deutro Melayu (Subjek Mahasiswa Program Studi Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran)


Pendahuluan: Perawatan ortodonti bertujuan untuk mencapai oklusi yang ideal dengan konfigurasi wajah yang harmonis. Proporsi ideal wajah pada ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1 - 48554855 617.64 Han GJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Han G
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 76 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160130
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Perawatan ortodonti bertujuan untuk mencapai oklusi yang ideal dengan konfigurasi wajah yang harmonis. Proporsi ideal wajah pada masyarakat suatu daerah harus diketahui agar perawatan ortodonti memperoleh hasil terbaik. Tujuan penelitian ini adalah mengukur nilai facial index berdasarkan klasifikasi maloklusi Angle pada Ras Deutro Melayu. Metode: Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yaitu total sampling dengan populasi penelitian mahasiswa Program Studi Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Ras Deutro Melayu. Hasil: Jumlah sampel total 115 orang, terdiri dari 17 pria dan 98 wanita. Data nilai facial index bersadarkan klasifikasi maloklusi Angle pada penelitian ini untuk pria terdapat 6 subkelas dengan 4 tipe wajah yang berbeda, sementara untuk wanita terdapat 6 subkelas dengan 5 tipe wajah yang berbeda. Klasifikasi maloklusi angle yang terbanyak pada pria dan wanita yaitu kelas I tipe 1 dan tipe wajah terbanyak yaitu mesoprosopic pada pria dan euryprosopic pada wanita. Pembahasan: Hasil pengukuran facial index pada pria dan wanita Ras Deutro Melayu menunjukkan adanya persamaan dan perbedaan dengan penelitian berbagai ras dan suku yang sudah dilakukan sebelumnya. Penelitian lain mengenai facial index berdasarkan klasifikasi maloklusi Angle belum dilakukan. Simpulan: Nilai facial index berdasarkan klasifikasi maloklusi Angle terbanyak pada pria yaitu kelas I tipe 1 dengan tipe wajah mesoprosopic dan leptoprosopic, dan pada wanita kelas I tipe 1 dengan tipe wajah euryprosopic. Rata-rata nilai facial index pada pria adalah 87,28 dan wanita adalah 84,16.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi