Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Gambaran Proporsi Tinggi Wajah Berdasarkan Klasifikasi Maloklusi Angle pada Ras Deutro Melayu (Subjek Mahasiswa Program Studi Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran)


Pendahuluan: Estetika dan keharmonisan wajah sangat erat kaitannya dengan proporsi komponen wajah yang selaras. Referensi proporsi tinggi wajah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1 - 48984898 617.64 Ais GJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Ais G
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xvi, 93 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160164
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Estetika dan keharmonisan wajah sangat erat kaitannya dengan proporsi komponen wajah yang selaras. Referensi proporsi tinggi wajah kelompok ras tertentu perlu diketahui oleh ortodontis dan ahli bedah untuk menciptakan perawatan yang secara estetik memuaskan terhadap demografis tempat individu tinggal. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proporsi tinggi wajah adalah maloklusi yang juga merupakan masalah kesehatan gigi dan mulut terbesar ketiga setelah karies dan gangguan periodontal. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross sectional yang dilakukan terhadap 116 orang mahasiswa ras Deutro Melayu Program Studi Sarjana Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran. Hasil: Dari 116 sampel didapatkan bahwa kelompok maloklusi kelas I Angle mempunyai proporsi tinggi wajah atas dan bawah pada pria yaitu 46,74% dan 53,26% serta pada wanita yaitu 47,52% dan 52,48%. Kelompok maloklusi kelas II Angle wanita memiliki proporsi tinggi wajah atas dan tinggi wajah bawah yaitu 48,64% dan 51,54%. Kelompok maloklusi kelas III Angle mempunyai proporsi tinggi wajah atas dan bawah pada pria yaitu 45,31% dan 54,69% serta pada wanita yaitu 46,29% dan 53,71%. Pembahasan: Adanya perbedaan tinggi wajah pada kelompok maloklusi yang berbeda dapat disebabkan oleh rotasi pertumbuhan rahang. Individu dengan wajah pendek yang ditandai dengan proporsi tinggi wajah bawah yang lebih kecil dari normal mengalami forward rotation. Individu dengan wajah panjang yang ditandai dengan proporsi tinggi wajah bawah yang lebih besar mengalami backward rotation. Simpulan: Proporsi tinggi wajah atas terbesar berturut-turut terlihat pada kelompok maloklusi kelas II, I, dan III. Proporsi tinggi wajah bawah terbesar berturut-turut terlihat pada kelompok maloklusi kelas III, I, dan II.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi