Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Sintesis dan Karakterisasi Vaterit sebagai Prekursor Material Pengganti Tulang dengan Variasi Waktu Reaksi (Menggunakan Teknologi Fine Bubble)


Pendahuluan: Kalsium karbonat (CaCO3) merupakan salah satu material yang sangat berlimpah di kerak bumi. CaCO3 memiliki tiga bentuk polimorf, salah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    ITMKG1 - 49574957 620.118 Azz SJatinangor (ITMKG)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.118 Azz S
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 60 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160163
    Klasifikasi
    620.118
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Kalsium karbonat (CaCO3) merupakan salah satu material yang sangat berlimpah di kerak bumi. CaCO3 memiliki tiga bentuk polimorf, salah satunya polimorf vaterit, yaitu polimorf yang memiliki struktur mikroporus sehingga cocok untuk dijadikan prekursor material pengganti tulang. Sintesis kalsium karbonat dipengaruhi beberapa variabel, salah satunya waktu reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu reaksi 60, 90, dan 120 menit terhadap hasil sintesis CaCO3 menggunakan teknologi fine bubble hingga terbentuk polimorf vaterit agar dapat dijadikan prekursor material pengganti tulang. Metode: Analytical grade Ca(OH)2 dilarutkan ke dalam metanol kemudian dikarbonasi dengan metode CO2 bubbling menggunakan fine bubble generator sehingga menghasilkan CaCO3. Hasil: Hasil karakterisasi XRF (X-Ray Fluorescence) menunjukkan bahwa CaCO3 yang terbentuk mengandung unsur-unsur pengotor. Hasil karakterisasi FTIR (Fourier Transform Infrared Spectroscopy) pada sampel CaCO3 dengan variasi waktu reaksi 60, 90, dan 120 menit menunjukkan adanya polimorf vaterit. Simpulan: Seluruh variasi waktu reaksi menunjukkan terbentuknya polimorf vaterit dan waktu reaksi yang terbaik dari ketiga perbedaan waktu reaksi untuk dapat menghasilkan polimorf vaterit agar dapat dijadikan prekursor material pengganti tulang adalah 90 menit.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi