Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Deskripsi Spesimen Tulang Frontalis Manusia Pawon Rangka VII secara Makroskopis dan Mikroskopis menggunakan Micro-computed Tomography (Micro-CT)


Pendahuluan: Manusia Pawon merupakan manusia prasejarah yang ditemukan di Gua Pawon, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penemuan rangka prasejarah dapat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    For1 - 49474947 614.1 Rac DJatinangor (Forensik)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614.1 Rac D
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 68 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160149
    Klasifikasi
    614.1
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Manusia Pawon merupakan manusia prasejarah yang ditemukan di Gua Pawon, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penemuan rangka prasejarah dapat diidentifikasi melalui tulang frontalis. Hasil identifikasi berupa variasi morfologi manusia secara makroskopis dan mikroskopis. Pemeriksaan secara mikroskopis dapat dilakukan menggunakan Micro-Computed Tomography (Micro-CT). Tujuan penelitian adalah menggambarkan bentuk dan karakteristik tulang frontal manusia prasejarah secara makroskopis dan mikroskopis. Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan sampel penelitian 1 spesimen tulang frontal Manusia Pawon Rangka VII secara makroskopis dan mikroskopis dari radiografi Micro-CT. Hasil: Hasil penelitian didapatkan spesimen tulang frontalis Manusia Pawon Rangka VII dilihat dari aspek anterior, posterior, lateral, median, superior, dan inferior, serta potongan sagital, koronal, dan aksial menunjukkan ciri khas bentuk dan karakteristik pada manusia. Supraorbital foramen Manusia Pawon Rangka VII memiliki ukuran 7,38 mm. Pembahasan: Spesimen tulang frontalis Manusia Pawon Rangka VII dideskripsikan secara visual dan hasil radiografi Micro-CT terlihat morfologi menyerupai manusia modern serta diperkirakan berjenis kelamin perempuan. Panjang diameter supraorbital foramen Manusia Pawon Rangka VII secara horizontal memiliki ukuran yang lebih besar dari manusia modern. Simpulan: Supraorbital foramen Manusia Pawon Rangka VII memiliki ukuran yang lebih besar dari manusia modern. Morfologi tulang frontalis hampir menyerupai manusia modern dan diperkirakan berjenis kelamin perempuan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi