Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Sintesis dan Karakterisasi Vaterit sebagai Prekursor Bahan Pengganti Tulang dengan Variasi pH Reaksi (Menggunakan Teknologi Fine Bubble)


Pendahuluan: Kalsium karbonat (CaCO3) telah banyak disintesis dan diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk sektor biomedis karena memiliki sifat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    ITMKG1 - 49674967 620.118 Sal SJatinangor (ITMKG)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.118 Sal S
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 55 hlm; ilus,; 21 X 30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110160141
    Klasifikasi
    620.118
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Kalsium karbonat (CaCO3) telah banyak disintesis dan diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk sektor biomedis karena memiliki sifat biokompatibilitas yang baik. Kalsium karbonat memiliki tiga jenis kristal anhidrat, yaitu kalsit, aragonit, dan vaterit. Di antara ketiganya, vaterit memiliki kelarutan paling tinggi sehingga cocok dijadikan prekursor bahan pengganti tulang. Sintesis kalsium karbonat dipengaruhi oleh berbagai parameter, salah satunya adalah pH reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil sintesis dan karakterisasi vaterit sebagai prekursor bahan pengganti tulang dengan variasi pH reaksi 8, 9, dan 10 menggunakan teknologi fine bubble. Metode: Kalsium hidroksida (Ca(OH)2) analytical grade dihidrasi menggunakan metanol sehingga menghasilkan suspensi Ca(OH)2. Suspensi Ca(OH)2 diatur pH reaksinya sebesar 8, 9, dan 10. Selanjutnya, suspensi Ca(OH)2 dikarbonasi menggunakan fine bubble generator dan dikeringkan untuk menghasilkan kalsium karbonat. Kalsium karbonat hasil sintesis dikarakterisasi menggunakan metode XRF dan FTIR. Hasil: Hasil karakterisasi XRF menunjukkan adanya unsur penyusun utama kalsium karbonat, yaitu Ca(OH)2 dan variasi pH reaksi 10 menunjukkan persentase Ca(OH)2 yang tertinggi. Hasil karakterisasi FTIR menunjukkan bilangan gelombang yang dimiliki kristal vaterit dan variasi pH reaksi 10 menunjukkan bilangan gelombang kristal vaterit yang banyak didapatkan. Simpulan: Hasil sintesis dan karakterisasi dengan variasi pH reaksi 10 menunjukkan adanya unsur Ca(OH)2 dengan persentase tertinggi dan bilangan gelombang kristal vaterit yang banyak didapatkan dibandingkan pH reaksi 8 dan 9.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi