Detail Cantuman

No image available for this title

Manuscript  

Gambaran Kepatuhan Tenaga Kesehatan terhadap Keselamatan Pasien di Poliklinik Ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran


Pendahuluan: Poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas
Padjadjaran (RSGM Unpad) merupakan unit rawat jalan yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1 - 182182 617.64 Wil GJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Wil G
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110180071
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas
    Padjadjaran (RSGM Unpad) merupakan unit rawat jalan yang menyediakan
    pelayanan dan perawatan maloklusi sebagai salah satu dari lima penyakit terbesar
    di RSGM Unpad pada tahun 2021. Peningkatan mutu pelayanan di poliklinik
    ortodonti dengan cara menerapkan standar keselamatan pasien perlu dilakukan
    untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk
    mengetahui gambaran kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di
    poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Metode:
    Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif dengan
    teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
    pengamatan dan penilaian terhadap 87 tenaga kesehatan di Poliklinik Ortodonti
    RSGM Unpad pada bulan Maret – April tahun 2022. Hasil: Hasil dari enam
    indikator mutu untuk mengetahui kepatuhan terhadap keselamatan pasien adalah
    sebagai berikut: (1) Kepatuhan identifikasi pasien sebesar 31,03%; (2) Waktu
    tunggu rawat jalan sebesar 30 menit; (3) Kepatuhan penggunaan formularium
    nasional yang tidak dapat ditentukan kepatuhannya; (4) Kepatuhan kebersihan
    tangan sebesar 12,64%; (5) Kepatuhan terhadap clinical pathway sebesar 83,33%;
    (6) Kepatuhan terhadap penggunaan APD sebesar 13,79%. Simpulan: Gambaran
    kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di poliklinik ortodonti
    RSGM Unpad pada indikator kepatuhan waktu tunggu rawat jalan adalah patuh dan
    pada indikator kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan,
    kepatuhan terhadap clinical pathway dan kepatuhan penggunaan APD adalah tidak
    patuh, sedangkan kepatuhan penggunaan formularium nasional tidak dapat
    ditentukan.
    Kata kunci: Gambaran Kepuasan Pelayanan, Pelayanan Ortodonti, Kepuasan
    Pasien
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi