Detail Cantuman

No image available for this title

Manuscript  

Tingkat Kepatuhan Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan di Paviliun Padjadjaran RSGM Universitas Padjadjaran Menggunakan Indikator Mutu


Pendahuluan: Rumah sakit merupakan institusi yang memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki
kriteria yang ditetapkan untuk menilai kualitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ort1- 225225 617.64 Per TJatinangor (Ortodonsia)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.64 Per T
    Penerbit FKG Unpad : FKG UNPAD JATINANGOR.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110180153
    Klasifikasi
    617.64
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pendahuluan: Rumah sakit merupakan institusi yang memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki
    kriteria yang ditetapkan untuk menilai kualitas pelayanan yang telah diberikan. Indikator mutu dapat
    digunakan untuk menilai dan membantu proses peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Tujuan
    penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan tenaga kesehatan dalam memberikan
    pelayanan di Paviliun Padjadjaran RSGM Unpad menggunakann indikator mutu. Metode: Jenis
    penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian adalah seluruh tenaga
    kesehatan yang bertugas di Paviliun Padjadjaran RSGM Universitas Padjadjaran. Sampel penelitian
    terdiri dari 35 dokter gigi spesialis dan 5 Terapis Gigi dan Mulut yang bertugas di Paviliun Padjadjaran
    selama bulan April 2022 dan dipilih menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data dilakukan
    dengan menggunakan kriteria indikator mutu yang ditetapkan oleh RSGM Unpad. Target pencapaian
    indikator mutu kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan, kepatuhan terhadap clinical
    pathway, dan kepatuhan penggunaan APD adalah sebesar 100%. Target pencapaian waktu tunggu rawat
    jalan ≤60 menit, dan target kepatuhan penggunaan formularium nasional sebesar ≥80%. Hasil:
    Pencapaian kepatuhan identifikasi pasien sebesar 43%. Rata-rata waktu tunggu pasien rawat jalan
    sebesar 51,6 menit. Kepatuhan penggunaan formularium nasional sebesar 100%. Kepatuhan kebersihan
    tangan sebesar 75%. Kepatuhan terhadap clinical pathway sebesar 91% dan kepatuhan penggunaan
    Alat Pelindung Diri (APD) sebesar 92%. Simpulan: Tingkat kepatuhan tenaga kesehatan dalam
    memberikan pelayanan di Paviliun Padjadjaran masih banyak yang belum mencapai target dan hanya
    waktu tunggu rawat jalan serta kepatuhan penggunaan formularium nasional yang sudah mencapai
    target, sedangkan kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan, kepatuhan terhadap
    clinical pathway, dan kepatuhan penggunaan APD masih belum mencapai target.
    Kata Kunci: Kepatuhan, tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan, indikator mutu
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi